Home News Update PKPU Gelar Grand Launching Klaster Berdaya

PKPU Gelar Grand Launching Klaster Berdaya

613

Banjarnagera, 27/5 (BeritaJateng.net) – Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) mengadakan acara Grand Launching Program Klaster Berdaya dan Diskusi Panel, Banjarnegara. Acara dimulai pada pukul 10.00 hingga 14.00 WIB bertempat di Balai Desa Karangtengah, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara.

Grand Launching dibuka dengan hiburan seni “Angguk” daerah Banjarnegara, kemudian dilanjutkan dengan keynote speech dari Wakil Bupati Banjarnegara, Drs. H. Hadi Supeno, M.Si.

Pada acara ini juga dilaksanakan diskusi panel dengan tema “Bersama Membangun Kemandirian Masyarakat” dengan para pemateri diskusi antara lain dari Direktur Utama PKPU, Agung Notowiguno, Kepala Bappeda Banjarnegara, Mulyanto dan Kepala BPBD Banjarnegara, Catur Subrandrio.

Acara kemudian dilanjutkan dengan simbolisasi launching Program Klaster Berdaya dengan pemukulan kentongan.

PKPU memang sudah seringkali memberikan bantuan kemanusiaan di daerah Banjarnegara, terutama bantuan dalam hal tanggap darurat.

Wakil Bupati Banjarnegara memukul kentongan dalam Grand Launching Klaster Berdaya PKPU.
Wakil Bupati Banjarnegara memukul kentongan dalam Grand Launching Klaster Berdaya PKPU.

“Daerah Banjarnegara memang 70% rawan bencana dan terima kasih kepada PKPU yang selama ini sudah banyak berkordinasi memberikan bantuan”, tutur Catur Subrandrio.

Klaster Berdaya merupakan sejumlah program pemberdayaan yang diterapkan pada tingkat individu, keluarga maupun lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan. Klaster Berdaya terdiri dari 3 pilar, antara lain Kampung Berdaya, Keluarga Berdaya dan Pemuda Berdaya.

“Program klaster berdaya ini sangat cocok dengan visi RPJMD Banjarnegara, yaitu terwujudnya Banjarnegara yang mandiri dan berdaya saing menuju masyarakat sejahtera yang berakhlak mulia,” tutur Mulyanto di sela – sela presentasinya.

Klaster Berdaya dalam pelaksanaanya akan menyentuh pembangunan sumber daya masyarakat dari mulai anak-anak, remaja/pemuda, ibu-ibu rumah tangga serta orang dewasa yang produktif.

Klaster berdaya hadir dengan sejumlah program pemberdayaan yang diterapkan dari berbagai aspek, pendidikan, lingkungan, ekonomi dan kemasyarakatan pada tingkat individu, keluarga maupun lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Dan di Desa Karangtengah, Banjarnegara, tujuan dari Kluster berdaya PKPU yang akan dijalankan adalah untuk membantu mewujudkan kemandirian masyarakat di berbagai aspek, khususnya dalam menghadapi bencana alam.

Wakil Bupati Banjarnegara, Drs. H. Hadi Supeno, M.Si menuturkan, sangat mendukung terlaksananya program klaster berdaya di Banjarnegara terutama dalam 3 pilarnya, yaitu Kampung Berdaya, Keluarga Berdaya dan Pemuda Berdaya. Agar bisa terwujud masyarakat sejahtera dan mandiri secara ekonomi.

“Dengan terlaksananya klaster berdaya ini, juga bisa terwujud kampung yang berdaya, bangga dengan produk sendiri dari hasil bumi sendiri,” tutur Hadi.

Grand Launching Klaster Berdaya PKPU juga serentak dilaksanakan di 15 Kabupaten/Kota di Indonesia, antara lain di Kabupaten Aceh Besar DI Aceh, Kota Pekanbaru Riau, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Tangerang Banten, Kabupaten Serang Banten, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Kabupaten Majalengka Jawa Barat, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Kota Kupang NTT. (BJ)

Advertisements