Home Headline PKB Bergabung dengan PKS, Golkar dan Demokrat ?

PKB Bergabung dengan PKS, Golkar dan Demokrat ?

image
Suasana silaturahim tiga koalisi parpol di kantor PKB Kota Semarang

Semarang, 3/4 (BeritaJateng.net) – Menghadapi Pemilihan Kepala daerah, tiga koalisi partai (Golkar, PKS dan Demokrat) ketok pintu ‘meminang’ Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di kantor DPC PKB Jalan Lamper Tengah No. 4 Semarang, Kamis malam.

“Ya ini baru permulaan ya, ibaratnya ketok pintu, silaturahmi menyampaikan niat baik kami meminang PKB untuk bergabung dalam koalisi,” ujar Ketua Umum DPD PKS Kota Semarang Agung Budi Margono usai silaturahmi koalisi tiga partai dengan PKB.

Selain Agung dari PKS, para petinggi masing-masing partai juga hadir dalam silaturahmi,seperti Ketua DPD II Partai Golkar Kota Semarang Agung Priyambodo, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Semarang Wahyoe Winarto dan Ketua DPC PKB Kota Semarang Teguh Widodo.

Agung yang juga merupakan coordinator koalisi tiga parpol mengatakan, silaturahmi dari tiga koalisi Golkar, PKS dan Demokrat ini bertujuan untuk membangun kebersamaan, memberi ruang terbuka untuk berkomunikasi dengan seluruh partai, termasuk salah satunya PKB.

“Terkait dengan Pilkada, kami ingin membangun suasana yang cair dan kondusif salah satu dengan partai PKB, tentunya setelah kita tawarkan berorganisasi, mereka (PKB, Red.) mempertimbangan dan mekanisme sendiri. Apapun nanti hasilnya, kami akan tetap silaturahim,” katanya.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Semarang, Agung Priyambodo menjelaskan, silaturahmi politik berawal dari semangat kebersamaan ketiga parpol untuk membuka ruang komunikasi dengan parpol lain.

“Nantinya, (komunikasi, red.) tidak hanya dengan PKB. Kami sudah memiliki jadwal, besok (3/4) sore gantian silaturahmi politik dengan PDI Perjuangan,” kata sekretaris koalisi tiga parpol itu.

Setelah silaturahmi politik dengan parpol-parpol lain, kata dia, kegiatan berikutnya yang dijadwalkan koalisi tiga parpol itu adalah mengundang tokoh-tokoh Kota Semarang untuk memberikan masukan untuk menentukan bakal calon Walikota Semarang nantinya.

“Kami sangat menghormati, ‘monggo’ nanti bagaimana PKB dengan mekanismenya. Makanya itu, kami tidak ingin buru-buru dulu membuka pendaftaran kandidat pilkada. Ingin menjalin silaturahmi dulu. Syukur-syukur dengan PKB dan PDIP nantinya menjadi satu rumah besar untuk kota Semarang ini menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Semarang Teguh Widodo menyambut baik dan mengapresiasi atas kunjungan tokoh-tokoh ketiga parpol itu untuk bersilaturahmi dan akan segera melakukan kunjungan balasan.

“Kami sangat terhormat diajak bergabung. Namun, dalam parpol kami ada semacam mekanisme yang harus dilalui. Kami akan ‘istikharoh’ mengundang sesepuh. Kami juga akan adakan rapat intern,” katanya.

Yang jelas, kata Teguh, dalam kunjungan balasan yang dilakukan PKB ke koalisi tiga parpol yang direncanakan secepatnya itu diupayakan sekaligus memberikan jawaban untuk membicarakan langkah lebih lanjut.

“Kami memang belum melakukan kegiatan yang mengarah kekoalisi, tapi baru kali ini kita diajak bergabung,” katanya. (BJ05)