Home Headline Pisang Ternyata Juga Bisa Dibuat Tape Lho….

Pisang Ternyata Juga Bisa Dibuat Tape Lho….

Crisna Prabandari mengolah pisang jadi tape. Foto/Bj24

Solo, 9/1 (Beritajateng.net) – Pisang biasanya dioleh menjadi kolak, pisang goreng atau jajanan lain, namun di tangan mahasiswa Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Crisna Prabandari ini, pisang bisa dibuat menjadi tape.

Ide membuat tape dari pisang ini juga dijadikan penelitian dalam skripsinya. Chrisna Prabandari dalam skripsinya mencoba membuat untuk membuat  tape dengan bahan baku dari pisang kepok kuning, kepok putih, dan pisang tanduk. Makanan buatnya itu diberi nama Pe-Sang alias tape pisang.

Alasan Chrisna untuk membuat  tape dari pisang karena buah pisang memiliki kandungan karbohidrat cukup tingi yaitu sekitar 29%. Selain itu pisang juga mengandung vitamin C sebesar 5% dan vitamin A 23%.

“Dan vitami A tidak dimiliki  oleh ketela pohon yang digunakan sebagai bahan baku tapai,” terangnya di Solo Jawa Tengah, Jumat (9/1/2015).

Kandungan mineral pada pisang juga lengkap dengan adanya kalium, magnesium dan zat besi. Selain itu juga  kandungan gizi dan protein tinggi pisang juga dapat diperoleh dengan murah, lagipula tape dengan bahan baku pisang tape itu harum baunya dan membangkitkan selera.

“Cara pembuatannya juga mudah,  sama seperti membuat tape dari ketela pohon maupun ketan,” jelasnya.

Inovasi olahan pisang menjadi  menjadi tape ini diharapkan dapat memperkaya berbagai jenis makanan khas Indonesia. Yang bahan bakunya juga  yang berasal dari buah lokal yang murah harganya dan salalu ada di segala jenis musim.

“Yang pasti harganya murah, mudah didapat dan mengandung gizi yang baik,” pungkasnya. (BJ24)