Home News Update Pilkades di Pingit Temanggung Diduga Diwarnai Kecurangan

Pilkades di Pingit Temanggung Diduga Diwarnai Kecurangan

Penghitungan suara Pilkades Pingit Temanggung.

Temanggung, 1/6 (BeritaJateng.net) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkdaes) Desa Pingit Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan pada (26/5) lalu menuai protes dari pendukung calon nomer urut tiga. Pasalnya, pelaksanaan pilkades tersebut diduga diwarnai kecurangan dari panitia.

Pilkades di Pingit sendiri diikuti lima pasang calon yakni AR ROHMAN, ARIF SANTOSANI, MULYUDONO, FATKHU SHOLIKIN dan NAIBAHO.

Adapun kecurangan yang diduga dilakukan oleh panitia Pilkades dari jumlah selisih suara dari sebelum dan sesudah pemilihan. Karena terdapat surat suara yang hilang.

Dalam penghitungan suara dimenangkan nomer urut empat yakni FATKHU SHOLIKIN, dengan selisih hanya enam suara dari calon nomer urut tiga, MULYUDONO.

Salah satu calon yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kecurangan itu antara lain, sebelum pemilihan, surat suara tidak dihitung jumlah sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT).

“Terjadi pencoblosan di luar tanpa di hadiri dari para saksi calon, lampu mati yang terjadi sebanyak dua kali saat akan dilakukan penghitungan suara dan jumlah surat suara tidak dihitung sebelumnya,” ujarnya.

Setelah dilakukan penelusuran lanjutnya, banyak kecurangan yang di lakukan oleh panitia PILKADES Pingit. Calon tersebut mempertanyakan kemana larinya 9 surat suara.

”Kami hanya ingin menanyakan kemana surat suara yang hilang itu dan kami ingin melakukan penghitungan ulang supaya kita tahu apakah ada kecurangan dari pihak panitia atau tidak, dan menanyakan bagaimana kinerja panitia pilkades di desa pingit,” tandasnya.

Kecurangan itu lanjut calon tersebut, merupakan pelanggaran Peraturan Bupati Temanggung No 11 Tahun 2016 Pasal 50 Ayat 3.

“Kami mohon kepada Badan Pengawas PILKADES Temanggung Tahun 2016 untuk memproses Gugatan kami sesuai dengan hukum peraturan perundangan yang berlaku,” tandasnya lagi. (BJ)

Berikut Hasil penghitungan kertas surat suara setelah selesai pencoblosan menurut PANITIA sbb :

a, Total kertas surat suara : 4.304

b, Sisa surat suara : 1.018

c, Surat suara yang terpakai : 3.286

d, Hasil perhitungan total surat suara di papan hitung : 3.277

e, Kurang / hilang kertas surat suara : 9

Dan dari hasil perolehan suara Data hasil perolehan suara para calon kepala desa sabagai berikut :

1, AR ROHMAN : 258 suara

2, ARIF SANTOSANI : 704 suara

3, MULYUDONO : 1.025 suara

4, FATKHU SHOLIKIN : 1.031 suara

5, NAIBAHO : 89 suara

Kertas rusak : 170 suara

TOTAL : 3.277 suara.