Home Hiburan Pesta Rakyat Go JAVA di Shanghai Meriah

Pesta Rakyat Go JAVA di Shanghai Meriah

597

“Kejarlah mimpimu setinggi langit, tapi jangan lupa dimanapun kamu berada jadilah kebanggaan tanah airmu, Indonesia”

Inilah pesan Humas GO JAVA Yosa Stephanie Priscilla yang menjadi salah satu pedoman bagi Mahasiswa Indonesia yang studi ke luar negeri. Salah satunya para Mahasiswa Indonesia yang ada di Kota Shanghai, China.

Tepat pada tanggal 17 April 2016, PPIT Shanghai selaku Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok, mengadakan acara kebudayaan terbesar yaitu Pesta Rakyat dengan tema “GO JAVA”.

“Tujuan dibuatnya acara ini adalah untuk memperkenalkan budaya, pariwisata dan keindahan dari bangsa kita, Indonesia,” katanya.

PPIT Shanghai sangat bangga di acara terakhir ini karena bisa memberikan kontribusi sekaligus suatu hal yang membanggakan untuk Indonesia. Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa dari seluruh mancanegara. Acara ini berlangsung dengan lancar dan sukses.  

Gouw Ivan Siswanto, Ketua PSMTI Kota Semarang juga mengapresiasi terselenggaranya acara ini, sehingga Komunitas Tiongkok dapat dikenal sebagai Diaspora yang terus berkreasi dan berkarya di dunia Internasional.

Tidak hanya mahasiswa international yang datang, bahkan begitu banyak masyarakat lokal pun tertarik dengan acara ini. Acara Pesta Rakyat dimeriahkan oleh begitu banyak mahasiswa Indonesia dari luar kota Shanghai. Seperti dari Hangzhou, Suzhou bahkan ada yang dari Nanchang kota yang terletak cukup jauh dari kota Shanghai. 

Lindi Trisno, Ketua PPIT Shanghai mengatakan mereka membawakan berbagai macam tarian dan nyanyian traditional Indonesia. Ada  juga yang menyumbangkan suara emas dan berbagai talent yang luar biasa. Tidak kalah menarik, di penghujung acara ada fashion show, dimana seluruh peserta dari mahasiswa Non-Indonesia.

Mereka mengenakan busana dan baju adat Indonesia. Mereka terlihat begitu excited dan senang bisa mendapatkan kesempatan berharga memakai busana Indonesia.

“Sudah seharusnya kita pun bangga terhadap keindahan berbagai budaya Indonesia. Selain itu, dari awal hingga akhir acara kami menyediakan berbagai snack dan jajanan pasar khas Indonesia,” tambahnya.

Semua pengunjung berantrian untuk mencicipi makanan yang disediakan. Dari respon yang didapat, mereka banyak yang menyukai jajanan khas Indonesia. 
Di akhir acara, seluruh panitia dan volunteer berfoto bersama. Tak disangka PPIT Shanghai periode 2015/2016 pun akan segera berakhir.

Pedoman sekaligus penopang bagi PPIT Shanghai adalah “unity in diversity”. PPIT Shanghai sungguh bangga bisa membawa nama baik Indonesia di Shanghai. Acara di tutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (BJ)

Advertisements