Home Ekbis Pertamina Jamin Pasokan BBM Nelayan Demak

Pertamina Jamin Pasokan BBM Nelayan Demak

Ilustrasi

 

Demak, 26/12 (Beritajateng.net) – PT Pertamina menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi untuk nelayan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, kata Sales Eksekutif BBM Retail PT Pertamina Semarang wilayah Pati Ahmad Tohir.

“Sejauh ini tidak ada permasalahan dengan pasokan BBM jenis solar untuk para nelayan di Kabupaten Demak dan sekitarnya,” ujarnya di Demak, Jumat.

Terkait dengan permasalahan pasokan solar yang dialami nelayan di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, kata dia, hal itu hanya dialami nelayan yang memiliki kapal berukuran besar yang kebutuhan BBM-nya juga sangat besar.

Sesuai ketentuan, kata dia, kapal dengan berat lebih dari 30 gross ton (GT) memang tidak boleh menggunakan BBM bersubsidi.

Untuk nelayan kecil, kata dia, kebutuhan solarnya sejauh ini tidak ada permasalahan karena tetap dipenuhi sesuai kebutuhan.

Kepala Unit Stasiun Pengisian Bahan bakar Nelayan (SPBN) dan Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) Morodemak Morodemak, Kabupaten Demak, Hadi Suwito mengungkapkan, sejauh ini pasokan solar untuk nelayan memang terpenuhi.

“Dimungkinkan permintaan BBM ada penurunan menyusul cuaca laut yang sempat terjadi ombak tinggi sehingga nelayan dipastikan ada yang tidak melaut,” ujarnya.

Meski demikian, kata dia, pasokan solar tetap tersedia dalam jumlah yang cukup.

Anshar, salah seorang nelayan asal Demak mengakui, selama ini tidak ada permasalahan soal solar karena kebutuhannya selalu terpenuhi.

Sekali melaut, kata dia, kapal dengan berat 18 GT miliknya butuh solar hingga 180 liter.

Jumlah solar tersebut, kata dia, hanya digunakan untuk melaut dalam waktu sehari penuh.

Syahbandar Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak di Kabupaten Demak Amrullah Sigit mengungkapkan jumlah kapal dari berbagai ukuran di Kabupaten Demak mencapai 4.137 kapal. Dari jumlah tersebut, kata dia, sebagian besar merupakan kapal kecil.(ant/BJ03)