Home Ekbis Pertamina Gelar Operasi Pasar LPG 3 kg di Jateng

Pertamina Gelar Operasi Pasar LPG 3 kg di Jateng

Elpiji-3Kg

Semarang, 15/1 (BeritaJateng.net) – PT.Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional IV Jateng DIY hari ini melakukan operasi pasar LPG 3 kg di lima titik di Jawa tengah. Operasi pasar dilakukan menyusul tingginya permintaan masyarakat terhadap LPG 3 kg, sehingga menyebabkan kekosongan stok di beberapa wilayah di Jateng.

Domestic Gas Region IV Manager CD Sasongko mengatakan, operasi pasar dilakukan di kab.Semarang, Kab.Kendal, kab.Pekalongan, kab.rembang dan kab.cilacap. Untuk operasi pasar kali ini, pertamina menyalurkan sebanyak 2.560 tabung.

“Operasi ini kita lakukan mulai tanggal 15-17 Januari 2015 di lima wilayah. Paling banyak dikabupaten Semarang ada 1.120 tabung,” ungkapnya kamis (15/1/2015)

Menurutnya, operasi pasar juga diharapkan bisa menurunkan harga LPG 3kg di tingkat eceran yang ukup tinggi. Pasalnya dengan operasi pasar ini, maka jumlah ketersediaan LPG 3kg tercukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Harga kan ditentukan oleh demand and supply. Jadi ketika supplynya banyak maka otomatis harga akan mengikuti turun. Apalagi Gubernur juga sudah mengeluarkan harga eceran tertinggi untuk LPG 3kg sebesar Rp.14.000 per tabung,” ungkapnya

Sasongko menambahkan, selain melakukan operasi pasar, pertamina juga melakukan ekstra dropping tabung LPG 3kg sebesar 2 juta tabung lebih, atau sekitar 8 persen dari alokasi bukan Januari yang mencapai sekitar 24 juta tabung.

“Jadi masyarakat tidak perlu melakukan panic buying, karena pertamina menjamin ketersediaan stok LPG di masyarakat. Hari ini kita lihat tidak banyak masyarakat yg mendatangi lokasi operasi pasar, yang menunjukkan kebutuhan masyarakat terpenuhi,” ujarnya. (BJ21)