Home Ekbis Pertamina Akan Perbanyak Pertamax di SPBU

Pertamina Akan Perbanyak Pertamax di SPBU

image

Semarang, 24/4 (Beritajateng.net)-Pertamina akan terapkan setiap SPBU di wilayah Jateng-DIY lebih banyak menyediakan pertamax ketimbang premium.

Pertamina mencatat konsumsi pertamax di wilayah Jateng-DIY meningkat tujuh persen pasca kenaikan harga premium menjadi Rp 7.400 per liternya. Pada periode Januari-Maret, konsumsi pertamax di Jateng-DIY mencapai 92.980 Kilo Liter (KL). Sementara realisasi konsumsi premium di periode yang sama sebesar 831.536 KL.

Asisten External Relation Manager Pertamina Marketing Operation Region Roberth Dumatubun mengatakan adanya kenaikan konsumsi BBM nonsubsidi sebesar tujuh persen di awal tahun ini, menandakan terjadi penumbuhan perekonomian di Jateng-DIY. Oleh karenanya Pertamina akan menerapkan pola 65-35. Yakni setiap SPBU di wilayah Jateng-DIY lebih banyak menjual bahan bakar khusus, sedang untuk premium mulai dikurangi.

Sementara terkait penghapusan premium dan diganti dengan petralite, lanjut Robert dirinya masih menunggu arahan dari Pertamina pusat. Namun demikian ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak panic buying terhadap wacana penghilangan premium. Diketahui Pertamina akan menjual produk bahan bakar minyak (BBM) baru bernama pertalite untuk menggantikan
premium. Rencananya penjualan petralite akan diujicoba di SPBU jalan tol mulai Mei 2015. Sementara harga jual pertalite berkadar RON 90 itu berkisar antara Rp 8 ribu-Rp 8.300 per liternya.(BJ23)