Home News Update Persis Tetap Gunakan Pelatih Lokal

Persis Tetap Gunakan Pelatih Lokal

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Solo, 26/1 (Beritajateng.net) – Tim Persis Solo tetap mengutamakan menggunakan pelatih lokal Indonesia untuk melatih selama laga kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2015 yang dimulai Maret, kata Koordinator seleksi Persis Solo Totok Supriyanto.

“Persis Solo tetap menggunakan pelatih lokal untuk menjadi nakoda tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu, karena dia lebih mengenal karakteristik sepak bola Indonesia, khususnya di Kota Solo,” kata Totok Supriyanto di Solo, Senin.

Menurut Totok, pihaknya memilih pelatih lokal dalam negeri, kerena mereka mengenal karakter pemain Solo khususnya dan Indonesia pada umumnya. Sehingga, pelatih akan lebih mudah mengenal karakter pemain yang berpotensi berkembang ke profesional.

Namun, Totok masih enggan memberitahu nama pelatih lokal yang akan mengarsiteki tim yang sering mengenakan kostum warna merah-merah tersebut.

“Kami segera mengumumkan nama pelatih yang akan memimpin Persis di kompetisi tahun ini, pekan depan. Yang jelas bukan pelatih asal luar negeri,” kata Totok.

Ia mengatakan bahwa sudah sebanyak 11 nama yang melamar ingin menjadi pelatih utama Tim Persis Solo, termasuk dua asal luar negeri, seperti Patricio Jimenez dan Fabio Olivera.

“Kami jelas Tim Persis tidak memilih pelatih asing untuk kompetisi tahun ini. Otomatis pelatih asing itu akan tersingkir,” katanya.

Menyinggung soal nama pelatih lokal Indonesia yang mengajukan lamaran ke Persis, Totok menjelaskan, antara lain Yussack Sutanto, Aris Budi Sulisyo (eks-Persik Kediri), Eddy Paryono dan Bonggo Pribadi (eks-PSIS Semarang), Agus Yuwono, Iwan Setiawan (eks-Pusamania Borneo FC), Zainal Abidin, Yudi Suryata (eks-Persijap Jepara), serta Alexander Sanunui.

Persis Solo pada musim kompetisi sebelumnya dilatih oleh pelatih Widyantoro asal Magelang, tetapi mantan pemain striker Persis itu, kini sudah pindah dan memilih mengarsiteki Tim Perserang Serang, Banten.

Totok menjelaskan Persis dalam tahap seleksi pemain saat ini, dilatih oleh asisten pelatih, Agung Setyobudi, yang juga mantan kapten Tim PSSI Garuda.

Asisten pelatih Agung Setyobudi akan terus melakukan perekrutan pemain yang hingga kini masih menyisakan sekitar 30 pemain untuk dilakukan seleksi lagi oleh pelatih utama yang terpilih nanti.

“Kita tunggu saja, nama pelatih utama Persis akan diumumkan sekitar awal Februari,” kata Totok.(ant/bj02)

Advertisements