Home News Update Persis Solo Andalkan Serangan Balik Hadapi PSIS

Persis Solo Andalkan Serangan Balik Hadapi PSIS

logo-persis-solo

Solo, 20/2 (BeritaJateng.net) – Tim Persis Solo akan mengandalkan serangan balik saat menghadapi tuan rumah PSIS Semarang dalam pertandingan persahabatan menjelang kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2015 di Stadionm Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (21/2) malam.

“Persis yang bertandang ke PSIS Semarang lebih fokus pada sektor pertahanan dan maksimalkan serangan balik ke gawang lawan,” kata pelatih Persis Solo Aris Budi Sulistyo, di Solo, Jateng, Jumat.

Menurut Aris Budi Sulistyo, timnya akan menerapkan skema 5-4-1 melawan tuan rumah PSIS. Skema ini sudah sering dilakukan dalam latihan dengan mengandalkan seorang striker di depan, dan lima pemain memperkuat di pertahanan.

“Tim jika menggunakan skema 5-4-1 dapat hasil saat menghadapi PSIS. Persis bisa gunakan strategi yang sama saat kompetisi mendatang,” kata Aris Budi Sulistyo yang juga mantan pelatih Persik Kediri itu.

Menurut dia, Persis dengan menggunakan skema tersebut cocok untuk menghadapi tim kuat seperti PSIS. Liswanto dan kawan-kawan yang melakukan pertahanan kuat, dan kemudian mereka dengan mengandalkan kecepatan pemain untuk serangan balik ke gawang lawan.

Selain itu, pemain juga akan memaksimalkan peluang untuk membuat gol ke gawang lawan dengan memperagakan tendangan bola mati atau bebas dan umpan silang.

Uji coba melawan PSIS juga sebagai ajang seleksi bagi tiga pemain berpengalaman yang baru bergabung dengan tim yang berjuluk “Laskar Sambernyawa” itu.

Menurut Aris Budi, tiga pemain tersebut yakni Ahmad Sembiring Usman (mantan Persiba Balikpapan), Hari Novian Caniago (Persita Tangerang) dan M Afif.

Menurut dia, Afif telah sepekan lebih bergabung dengan tim seleksi Persis, dan dia sempat diturunkan sekali saat melawan tim lokal “Solo Football Academy (SFA).

“Dua pemain yakni Ahmad Sembiring dan Novian Chaniago, baru saja bergabung dan akan dilihat kualitasnya saat Persis lawan PSIS,” kata Aris Budi S.

Pemain Ahmad Sembiring yang menempati posisi di gelandang diharapkan banyak mengeluarkan kemampuanya bisa memimpin teman-temannya menjadi jenderal lapangan tengah.

Menurut dia, Ahmad Sembiring pemain berpengalaman yang lebih banyak membagi bola dan mobilitasnya cukup tinggi, tetapi kecepatannya harus ditingkatkan. Chaniago gelandang bertahan masih belum terlihat.

Persis dengan skema 5-4-1 saat melawan PSIS kemungkinan akan menurunkan Agung Prasetyo (kiper), Very Rusgiantoro, Hendri Aprilianto, Modestus Setiawan, Liswanto, Qoiron Sandy (belakang), Ainudin Devira (kanan), Diva Tarkas, Ahmad Sembiring, Bayu Nugroho (kiri) tengah, dan Indra Gunawan (depan). (ant/BJ)