Home Headline Persiapan Eksekusi Mati Beres

Persiapan Eksekusi Mati Beres

741
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 15/1 (Beritajateng.net) – Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah telah menyiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan hukuman mati terhadap lima terpidana di Pulau Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah.

“Kami sudah siap untuk berbagai hal yang menjadi tugas kami seperti lokasi eksekusi dan mengisolasi terpidana yang akan dieksekusi,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah, Yuspahruddin di Semarang, Kamis.

Namun, ia tidak menjelaskan secara terperinci kapan eksekusi akan dilakukan.

Menurut dia, berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan teknis eksekusi merupakan tanggung jawab kejaksaan.

“Termasuk memenuhi permintaan terakhir terpidana sampai pengurusan jenazah setelah proses eksekusi,” katanya.

Ia menuturkan izin pelaksanaan eksekusi yang diajukan memang ditujukan bagi lima terpidana seperti yang telah disampaikan Jaksa Agung.

Soal waktu pelaksanaan, lanjut dia, bisa sesuai dengan yang disampaikan kejaksaan, yakni dalam jangka waktu tiga hari setelah diumumkan.

Kapolda Jawa Tengah Irjenpol Nur Ali dalam kesempatan terpisah membenarkan perihal rencana eksekusi mati tersebut.

Sebagai pihak yang diminta menjadi pelaksana eksekusi, kata dia, kepolisian telah menyiapkan regu tembak. “Kapan saja kami sudah siap,” katanya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah mengumumkan lima terpidana mati yang akan dieksekusi di Pulau Nusakambangan.

Kelima terpidana tersebut masing-masing Rani Andriani alias Melissa Aprilia, Namaona Denis, Marco Archer Cardoso Moreira, Daniel Enemuo alias Diarrassouba Mamadou, dan Ang Kim Soe.(ant/Bj02)

Advertisements