Home Lintas Jateng Persediaan BBM Habis, Ratusan Nelayan Berhenti Melaut

Persediaan BBM Habis, Ratusan Nelayan Berhenti Melaut

image

Pekalongan, 22/11 (Beritajateng.net) – Ratusan nelayan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berhenti melaut karena persediaan bahan bakar minyak jenis solar di stasiun pengisian bahan bakar (SPBB) Jasa Mina habis.

Nelayan Kota Pekalongan, Bejo (53) di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa persediaan solar bersbsidi telah habis sejak 18 November 2014 sehingga kondisi itu menyulitkan para nelayan ang berencana melaut.

“Kami tidak bisa melaut karena untuk mendapatkan solar saja sulit. Tentunya, dengan kondisi seperti sekarang ini kian menyulitkan para nelayan mencukupi kebutuhan keluarga,” katanya seperti dikutip Antara.

Wakil Pengurus Kapal KM Angga Jaya B, Muhsin mengatakan para nelayan kini lebih memilih beristirahat dan kapal hanya disandarkan di dermaga.

“Kami memiliki tujuh kapal. Rencananya, dua kapal akan mau berangkat melaut tetapi tertunda karena harus masih menunggu pasokan solar,” katanya.

Ia mengatakan untuk sekali melaut, dirinya membutuhkan perbekalan solar sedikitnya satu ton tetapi akibat pasokan solar habis maka banyak kapal yang batal melaut.

“Semula, kami butuh perbekalan melaut sekitar Rp 25 juta tetapi kini dipastikan bertambah karena harga BBM naik. Meski kian menyulitkan nelayan, naiknya harga BBM tidak begitu dipermasalahkan oleh para nelayan asal stok solar tersedia,” katanya Manajer SPBB Jasa Mina, Indah Wahyu membenarkan bahwa stok solar di SPBB Jasa Mina saat ini habis karena alokasi atau kuota pada November 2014 sudah habis hanya dalam waktu dua minggu.

“Alokasi solar bulan ini sudah habis sejak 18 November 2014 sedangkan jatah solar berikutnya, dijadwalkan datang pada 1 Desember mendatang. Itu pun alokasi untuk Desember hanya 138 kiloliter,” katanya.(ant/pj)

Advertisements