Home DPRD Kota Semarang Permudah Akses Aduan Masyarakat dengan Smart Parlemen DPRD Kota Semarang

Permudah Akses Aduan Masyarakat dengan Smart Parlemen DPRD Kota Semarang

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi saat meninjau Pusat Informasi Publik (PIP) Kota Semarang.

Semarang, 10/6 (BeritaJateng.net) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang berencana meluncurkan sistem Smart Parlemen agar lebih dekat dengan masyarakat kota Semarang.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi saat meninjau Pusat Informasi Publik (PIP) Kota Semarang bersama jajaran anggota dewan dan sekwan, Jumat (10/6) sore.

“Melihat konsep Smart City yang tengah digodok Pemkot Semarang, kami juga berkeinginan memiliki Smart Parlemen juga. Untuk itu kami meninjau PIP dan mengadopsi sistem yang digunakan,” kata Supriyadi.

Menurutnya, ditengah perkembangan teknologi, dewan sebagai wakil rakyat berupaya terbuka, transparan dan berupaya merangkul masyarakat dengan kemudahan mendapatkan akses informasi serta kemudahan menyampaikan aduan pada dewan. “Inginnya dewan punya elektronik aduan (e-aduan) serta berbagai sistem yang didalamnya mengarah pada parlemen modern, smart parlemen,” ujar Supriyadi.

Smart Parlemen, lanjutnya, merupakan aplikasi yang akan digarap serius dewan kota Semarang. “Kalau perlu kami akan jadi pelopor parlemen yang modern dengan smart parlemen,” imbuhnya.

Supriyadi menjelaskan, dalam sistem smart parlemen tersebut semua jadwal, kinerja dewan, hasil banmus, hasil rapat dewan, kunjungan lapangan, produk Perda dan rancangan Perda per satu bulan, triwulan hingga satu semester bisa terpantau.

“Selama ini dewan hanya memanfaatkan website saja, belum merambah sistem ataupun aplikasi lain. Tapi secara bertahap akan dikebut. Saat ini saja, dewan sudah mulai menyeragamkan email semua anggota dewan dengan semarangkota.go.id. Selanjutnya, akan dikembangkan dengan adopsi sistem PIP. Jadi nantinya pembahasan dan rapat tinggal buka Tab atau Laptop, Perda lama dan baru tinggal satu sentuhan klik sudah dengan mudah terakses, aduan masyarakat akan mudah terpantau,” terangnya.

Ia menargetkan sistem smart parlemen DPRD Kota Semarang bisa dilaunching dan digunakan pada 2017. “Sudah masuk RPJMD 2016-2021, sesuai dengan misi Smart City Kota Semarang maka perlu juga adanya Smart Parlemen. Tinggal siapkan SDM dan Infrastrukturnya,” papar Supriyadi. (Bj05)