Home Ekbis Perluasan Stasiun Tawang Dimulai

Perluasan Stasiun Tawang Dimulai

683

tawang

Semarang, 2/4 (BeritaJateng.net) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyatakan pembangunan perluasan Stasiun Tawang Semarang terintegrasi dengan Polder Tawang akan dimulai pada tahun ini.

“Ya, kami targetkan perluasan Stasiun Tawang, meliputi areal parkir sampai Polder Tawang akan dilakukan tahun ini,” kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang Apriyono Wedi Chresnanto di Semarang, Kamis (2/4).

Sebagai pejabat baru yang menggantikan Wawan Ariyanto, kepala Daops sebelumnya, ia mengatakan akan meneruskan program-program yang sudah direncanakan, termasuk perluasan parkir Stasiun Tawang.

Ia menjelaskan rencana perluasan areal parkir Stasiun Tawang harus dilakukan dengan memperhatikan aspek kecagarbudayaan, dan gambar rencana perluasan stasiun bersejarah itu sudah dikirim ke pusat.

Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto menambahkan Stasiun Tawang akan diperluas areal parkirnya terintegrasi dengan polder di depan stasiun itu yang berfungsi untuk menanggulangi banjir.

“Jadi, fungsi poldernya tetap, tidak akan ditutup. Justru kami nanti yang akan merawat dan memelihara fasilitas untuk menanggulangi banjir itu. Akses jalan juga dikembalikan seperti dulu,” katanya.

Jalan Taman Tawang yang berada tepat di depan Stasiun Tawang yang selama ini difungsikan sebagai jalan raya, kata dia, akan dialihkan dan dikembalikan lagi ke Jalan Merak sebagaimana dulu.

“Dulu, kan kendaraan lewatnya di Jalan Merak. Kami kembalikan lagi seperti dulu. Nanti, di Jalan Taman Tawang ini akan dibangun gapura pintu masuk dan ‘shelter’ BRT Trans Semarang,” tukasnya.

Ia mengatakan PT KAI Semarang sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika terkait rencana perluasan Stasiun Tawang, sebab akan ada pengalihan akses jalur kendaraan.

“Targetnya, dimulai tahun ini dan segera rampung. Dari Dishubkominfo masih menunggu anggaran peningkatan kualitas Jalan Merak, kami juga masih menunggu anggaran penataan Stasiun Tawang,” katanya.

Yang jelas, kata dia, penataan Stasiun Tawang itu akan semakin mengoptimalkan pelayanan, antara lain kapasitas parkir kendaraan yang semakin besar sampai tiga kali lipat dari daya tampung sekarang.

“Sekarang ini, areal parkir Stasiun Tawang sanggup menampung 60-80 mobil. Nanti, setelah diperluas bisa sampai tiga kali lipat kapasitasnya. Estimasi kami, bisa menampung sampai 250 mobil,” pungkas Suprapto.

(ant/BJT1)