Home Ekbis Perkuat Produk Batik Indonesia, BatikMal.com Diluncurkan

Perkuat Produk Batik Indonesia, BatikMal.com Diluncurkan

Semarang, 8/8 (BeritaJateng.net) – Peluncuran toko online BatikMal.com, pemerintah beeharap mampu memperkuat dan mendongkrak Produk Batik Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo saat peluncuran batikmal.com di Setos MG Suite Semarang, Senin.

“BatikMal.com ini adalah salah satu untuk memperkuat hilirisasi produk batik pada daerah yang makin kompetitif ini. Pada Jawa Tengah butuh inovator-inovator seperti ini, karena batik Indonesia di Jawa tengah adalah salah satu warisan dunia yang merupakan paling kaya,” ungkapnya.

Prasetyo juga mengatakan bahwa bisnis online adalah bisnis yang prosesnya tak dibatasi oleh waktu dan wilayah.

“Oleh sebeb itu kami pihak pemerintah menyambut baik pembukaan batikmal.com ini, dalam upaya mendorong lebih intensif penyebaran atau peningkatan dari produk batik di tingkat nasional dan internasional, karena penjualan melewati online itu tidak dibatasi wilayah dan waktu. Saya percaya ini akan berkembang sebagai salah satu instrument untuk mendorong batik Indonesia di nasional hingga internasional,” katanya.

Selain itu, Lanjut Prasetyo, Pemerintah terus mendorong upaya peningkatan baik sisi pemasaran maupun pendekatan penguatan ekonomi lokal, salah satunya dengan clustering tempat-tempat batik.

“Seperti cluster ini tidak hanya di kota-kota besar seperti Solo dan kota batik lainya, tetapi dapat menyebar di berbagai kota lainya di berbagai kota hingga kabupaten kota di Jawa Tengah,” tuturnya.

Tak hanya pengclusteran saja pihaknya juga mendorong akses permodalan kerja bagi UMKM untuk bermitra usaha.

“Kami mendorong juga peningkatan akses masuk modal kerja juga, dari pemerintah melalui Bank Jateng pemerintah sudah meluncurkan produk kemitraan. Dan saya kira kedepan kita akan lebih percaya diri mengatakan bahwa batik merupakan produk dari Jawa Tengah,” ucapnya. (BJ06)