Home Hukum dan Kriminal Peredaran Narkoba di Cilegon Memprihatinkan

Peredaran Narkoba di Cilegon Memprihatinkan

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Cilegon, 8/1 (BeritaJateng.net) – Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba di Kota Cilegon, Banten, cukup memprihatinkan sehingga peran serta masyarakat perlu dioptimalkan guna mencegah masuknya barang haram itu ke wilayah itu.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Cilegon, Ajun Komisaris Wahyu Diana, Kamis, mengatakan sepanjang 2014 peredaran narkoba yang terungkap tercatat sebanyak 58 kasus dengan tersangka 89 orang.

Sebagian tersangka narkoba sudah menjalani masa hukuman dan lainya menjalani proses sidang pengadilan. Sebagian besar tersangka dari kalangan pekerja dan pelajar.

“Kami akan menindak tegas para pelaku narkoba karena bisa menghancurkan generasi bangsa,” katanya menjelaskan.

Ia mengatakan kasus peredaran narkoba di Kota Cilegon tahun ke tahun meningkat.

Berdasarkan pengungkapan tahun 2014 meningkat 80 persen dibandingkan 2013 mencapai 38 kasus dan 51 tersangka.

Menurut dia, meningkatnya kasus narkoba itu karena didorong persoalan pribadi dan lingkungan sekitar tersangka.

Selain itu juga transaksi yang terungkap tahun ke tahun terjadi perubahan, ujarnya.

Transaksi yang terungkap pada tahun 2014 itu para tersangka tidak lagi bertransaksi secara langsung bertatap muka, namun, mereka melakukan transaksi melalui pesan singkat atau telepon juga cara lain seperti menyimpan barang di satu tempat yang sudah disepakati, katanya.

Pola transaksi jaringan itu dilakukan agar tidak tercium oleh petugas. Bahkan, pola seperti itu turut melibatkan wanita dan anak di bawah umur, katanya.

“Kami minta masyarakat yang menjumpai orang-orang yang mencurigakan sebaiknya melaporkan kepada petugas,” katanya. (ant/BJ)

Advertisements