Home Lintas Jateng Perbaikan Tanggul Sungai Plumbon Butuh Waktu Dua Minggu

Perbaikan Tanggul Sungai Plumbon Butuh Waktu Dua Minggu

Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meninjau lokasi banjir di Mangkang.
         Semarang, 12/2 (BeritaJateng.net) – Selain tanggul sungai Beringin, tanggul sungai Plumbon di Mangkang Wetan juga jebol beberapa waktu lalu. Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang mengupayakan penanganan tanggul tersebut.
          Kepala DPU Kota Semarang, Iswar Aminudin mengatakan, tanggul sungai Plumbon jebol sepanjang 15 meter karena tidak kuat menahan debit air. Rencananya, penanganan akan dilakukan secara permanen menggunakan batu.
         “Yang Plumbon ini kami tangani secara permanen. Hanya saja kami terkendala lokasinya yang sulit. Sehingga kami butuh waktu dua minggu untuk menyelesaikannya,” kata Iswar.
         Saat ini, proses penanganan di titik yang jebol belum dilakukan. DPU baru mengangkut material batu yang akan dipakai untuk memperbaiki tanggul sampai dekat titik jebolnya tanggul.
          Pada dasarnya, lanjutnya, tanggul sungai Plumbon tidak kritis. Hanya saat terjadi hujan deras beberapa waktu lalu, ditambah air dari daerah atas, membuat debit air di sungai tersebut berlebih.
          “Tanggul sungai Plumbon dalam kondisi baik. Justru yang kritis itu adalah tanggul di sungai Beringin,” jelasnya.
          Hanya saja, penanganan sungai Beringin merupakan kewenangan BBWS Pemali Juana. Sehingga ia pun tidak bisa melakukan penanganan di daerah tersebut. Ia berharap, normalisasi sungai Beringin segera direalisasikan sehingga tidak terjadi banjir lagi. (El)