Home Headline Perbaikan Rel Ambles Rampung

Perbaikan Rel Ambles Rampung

image

Semarang, 6/4 (BeritaJateng.net) – Perbaikan rel ambles di lintas Stasiun Gundih-Karangsono, Grobogan, Jawa Tengah telah berhasil diselesaikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang dan pada tepat pukul 18.25 WIB KA Brantas lewat perdana di KM 68+700.

“Perbaikan rel ambles di lintas Stasiun Gundih-Karangsono sudah rampung, Senin ini, sekitar pukul 13.30 WIB,” kata Kepala Humas PT KAI Daop IV Semarang Suprapto di Semarang, Senin.

Menurutnya, dengan rampungnya perbaikan, jalur kereta api (KA) di lintas Semarang-Solo Balapan melalui Stasiun Tanggungharjo sudah normal meski kecepatan KA yang melintas dibatasi.

Ia menyebutkan KA-KA yang melalui jalur tengah itu sudah bisa melintas di rute normal, yakni Brumbung-Kedungjati-Karangsono-Gundih-Solo Balapan dengan kecepatan maksimal lima kilometer/jam.

“Ya, kecepatan KA yang melintas di titik itu memang dibatasi karena masih dalam perbaikan. Jadi, kecepatan maksimal hanya lima km/jam. Waktu penyelesaian pekerjaan sesuai yang diprediksikan,” katanya.

Perbaikan yang dilakukan di lintas Stasiun Gundih-Karangsono yang mengalami amblesan, kata dia, meliputi penguatan tanggul badan rel, pergeseran rel sepanjang 2,5 meter, dan pemadatan tubuh rel.

Menurut Suprapto, jadwal perjalanan KA yang melintasi jalur tengah tersebut sekarang sudah normal karena KA-KA tidak harus memutar melalui rute Brumbung-Ngrombo-Gundih-Solo Balapan dan pada pukul 18.25 KA Brantas lewat perdana di lokasi tersebut. (Bj05)