Peparprov IV, Emas Cabor Boccia Jadi Milik Atlet Banyumas

PATI – Dengan kedua kaki tak berfungsi dan kemampuan gerak tangan sebanyak 50 persen, atlet asal Banyumas, Ikhwan Saeful Bari Aziz, berhasil menyumbangkan medali emas dalam cabang olahraga boccia, pada Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV 2023 Jawa Tengah, yang digelar 9-13 September 2023.

Ari, sapaan akrabnya, menjadi juara setelah berhasil mengalahkan atlet lainnya, Richo Wahyudianto dari Kabupaten Semarang (Juara II), dan Bujang dari Kabupaten Pati (Juara III).

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Banyumas, Suwondo, menuturkan, boccia adalah salah satu cabang olahraga untuk penyandang disabilitas celebral palsy. Boccia merupakan olahraga ketepatan, yang dimainkan dengan melempar bola berdiameter 100 milimeter, dan berat 275 gram.

Bagi Suwondo, tekad yang dimiliki oleh Ari tergolong luar biasa, meskipun Ari memiliki keterbatasan gerak. Atlet yang tinggal di Desa Menganti Kecamatan Rawalo tersebut, rajin berlatih setiap pagi dan sore.

“Bahkan sebelum NPCI Banyumas memiliki peralatan, pelatihnya memodifikasi bola dan lapangan untuk berlatih. Alhamdulillah, NPCI bisa menfasilitasi peralatan dan berbuah prestasi,” katanya.

Sementara itu, pelatih boccia, Septiana Dwi Rakhmawati, mengaku, prestasi yang diraih atletnya merupakan capaian yang luar biasa untuk Banyumas karena Boccia merupakan cabor baru di Kabupaten Banyumas.

Ditambahkan, pada cabor boccia, pihaknya hanya menargetkan atlet dapat bermain terbaik dan nyaman. Namun, Ari sebagai atlet binaan persiapan Peparprov ini, mampu mengikuti program latihan yang diberikan dengan sangat baik dan disiplin.

“Alhamdulillah diberi emas, dan ini artinya menjadi PR bagi saya dan NPCI Kabupaten Banyumas, untuk lebih mengembangkan boccia di Banyumas, mencari dan membina atlet-atlet baru yang berpotensi,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Setia Rahendra menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih atlet Banyumas pada Peparprov IV.

“Luar biasa, terima kasih penambahan medali emas dari cabang Boccia. Semoga menambah semangat dan motivasi bagi atlet-atlet NPCI yang lain dan penyandang disabilitas, untuk berlatih olahraga, agar ke,depan juga meraih prestasi,” ujarnya, beberapa waktu lalu. (kom)

Leave a Reply