Home Lintas Jateng Penyesuaian Kurikulum Butuh Waktu

Penyesuaian Kurikulum Butuh Waktu

Semarang, 16/12 (Beritajateng.net) – Pengamat pendidikan dari Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Ngasbun Egar mengatakan, penyesuaian setiap kurikulum baru membutuhkan proses dan waktu lama, termasuk pula Kurikulum 2013.

“Semua butuh waktu. Wajar jika penggunaan kurikulum 2013 banyak guru yang mengeluhkan karena mereka terbiasa menggunakan model pembelajaran kurikulum sebelumnya,” katanya di Semarang, Selasa.

Menurut dia, “mindset” atau pemahaman para tenaga pengajar yang sudah terbiasa menggunakan kurikulum lama memang menjadi penghalang penerapan kurikulum 2013 di sekolah, tetapi semuanya merupakan proses.

Ia menjelaskan, kendala-kendala tersebut semestinya tidak menjadi alasan kurikulum baru dihentikan, apalagi jika dilakukan secara mendadak yang justru akan membuat sekolah menjadi kebingungan.

“Kasihan sekolah-sekolah yang sudah menerapkan. Kalau memang (kurikulum 2013, red.) mau dihentikan, ya, dimulai dari tahap sosialisasi sehingga sekolah-sekolah yang sudah menerapkan tidak bingung,” katanya.

Ngasbun menjelaskan, sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan kurikulum 2013 selama satu semester pasti akan kebingungan dengan penghentian kurikulum, demikian pula dengan buku-buku bermuatan kurikulum 2013.

“Buku-buku (kurikulum 2013, red.) memang bisa disimpan sekolah. Akan tetapi, buku-buku itu kemudian digunakan untuk apa? Malah seperti pemborosan anggaran. Kan sekarang kurikulum 2013 dihentikan,” katanya.(ant/ss)

Advertisements