Home Ekbis Penurunan Harga Minyak Longgarkan Fiskal Rp5 Triliun

Penurunan Harga Minyak Longgarkan Fiskal Rp5 Triliun

ahok

Bogor, 13/2 (BeritaJateng.net) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan adanya kelonggaran fiskal hingga mencapai Rp5 triliun pada tahun anggaran 2015 menyusul turunnya harga minyak internasional.

“Presiden menyebutkan adanya kelonggaran fiskal karena belanja subsidi bahan bakar minyak turun,” kata Ahok usai menghadiri acara pengarahan Presiden Jokowi kepada seluruh bupati wilayah Jawa dan Maluku dan gubernur seluruh Jawa di Istana Bogor, Jumat.

Ia menyebutkan kelonggaran fiskal sebesar Rp5 triliun itu akan didistribusikan ke daerah untuk pembangunan infrastruktur.

“Daerah mungkin akan mendapat Rp80 miliar hingga Rp100 miliar,” katanya.

Ketika ditanya DKI Jakarta akan mendapat berapa, Ahok mengatakan bahwa sebaiknya dana itu disalurkan untuk daerah yang lebih memerlukan.

“DKI gak usah, kalau DKI biar Pemprov DKI saja yang menangani,” kata Ahok.

Dalam kesempatan pertemuan itu, Ahok menyampaikan kepada Menteri PU dan Perumahan Rakyat agar anggaran di DKI Jakarta sebesar Rp100 miliar–Rp200 miliar dipakai untuk daerah lain.

“Saya bilang ke Menteri PU, daripada duit habis di DKI untuk tambal sulam, lebih baik dipakai di Pulau Seram, misalnya, itu sudah bisa jadi hotmix yang mulus banget yang dibutuhkan daerah,” katanya. (ant/BJ)

Advertisements