Home Lintas Jateng Pengusaha Solo Dihimbau Segera Daftar BPJS Kesehatan

Pengusaha Solo Dihimbau Segera Daftar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

Solo, 10/3 (BeritaJateng.net) – Sebagian besar perusahaa di wilayah Soloraya terancam kena sanksi karena belum mendaftarkan karyawannya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Wilayah Kerja Surakarta meliputi Kota Solo, Wonogiri, Sragen, Sukoharjo, dan Karanganyar, Agus Purwono menyebutkan jika sampai per Juli 2015 mendatang belum mendaftarkan karyawannya akan diberikan sanksi.

Agus menjelaskan bila pemberian sanksi berdasarkan pada pada PP Nomor 86 Tahun 2013 tentang Sanksi Kepada Pemberi Kerja, Penerima Bantuan dalam Iuran Jaminan Sosial. Sanksi berupa administrasi hingga pencabutan izin operasional perusahaan.

“Saat ini, baru baru 30% dari total 4.000 perusahaan di Solo Raya yang mengikutsertakan karyawannya dalam BPJS Kesehatan,” jelasnya kepada wartawan.

Sementara lanjut Agus Purwono, sisanya belum terdaftar sebagai peserta BPJS. Karena itu perusahaan diberi tenggat waktu sampai akhir Juni untuk mendaftarkan karyawan ke BPJS Kesehatan.

“Kalau tidak akan dikenai sanksi tegas, karena itu perusahaan segera mendaftarkan BPJS Kesehatan bagi karyawannya,” imbau Agus.

Saai ini ungkap Agus, nilai klaim BPJS pada tahun 2014 lalu dibukukan senilai Rp1,2 triliun. Sedangkan target di tahun 2015 nilai klaim naik menjadi Rp1,8 triliun.

“Naiknya nilai klaim tahun 2015 ini diprediksi dengan meningkatnya jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan,” pungkas Agus. (BJ24)