Home Lintas Jateng Pengrajin Akar Jati di Blora Tetap Optimis Meski Masih Pandemi

Pengrajin Akar Jati di Blora Tetap Optimis Meski Masih Pandemi

BLORA, 12/4 (BeritaJateng.net) – Meski ditengah Pandemi Covid 19, pengrajin akar jati yang berada di desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora ini masih tetap eksis, meski tidak sedikit pula yang gulung tikar.

Dampak pandemi yang hampir setahun lebih ini, sangat dirasakan sekali oleh sejumlah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dia bernama Yanto (53), warga desa cabak. Ia mengaku omset dimasa pandemi ini berkurang. Ia hanya melayani pesanan untuk bertahan hidup.

“Selama ini saya hanya melayani pesanan saja untuk bertahan hidup. Sebelum pandemi lumayanlah bisa sampai ke luar jawa,” ujarnya (Minnggu,11/4)

Sekarang ini, lanjut Yanto, sudah mulai berjalan lagi. Kemarin sempat mengurangi tenaga kerja karena omset berkurang.

Yanto ini menyajikan beraneka macam bentuk dan model, mulai harga dari yang ekonomis hingga yang terbilang mahal ada semua.

“Selain sudah mempunyai model ataupun corak sendiri yang kita buat, disini kita juga menerima request pak, jika ada yang minta model ataupun motif tertentu kita berusaha untuk memenuhinya,” tandas Yanto.

Untuk bahan bakunya sendiri, Yanto mendapatkan dari hasil kerjasama dengan Perhutani serta penduduk setempat.

“Untuk bahan bakunya tidak susah, kan kita manfaatkan akar akar jati yang dikatakan mungkin sudah tidak berfungsi, namun demikian kita olah sedemikianrupa sehingga menjadi sebuah karya bernilai seni tinggi,” tambahnya.

Soal harga dekorasi akar jati di tempatnya, Yanto mengatakan bervariasi mulai dari harga Rp. 100.000,00 an hingga Rp.30.000.000,00 juta rupiah.

Yanto merasa senang ketika anggota Polres Blora berkunjung ke rumah produksinya, memberi semngat untuk tetap bertahan setelah kemarin sempat terpuruk.

“Terima kasih sekali atas kunjungan dan suportnya, semoga usaha kami bisa terus berjalan,” ucapnya.

Sementara Kasubbag Polres Blora AKP Soeparlan mengatakan sesuai intruksi Kapokres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama pihaknya diminta untuk menyambangi sejumlah UMKM di Blora, guma membantu Promosi dan mensuportnya.

Dalam sambang tersebut Kasubbag Humas Polres Blora AKP H. Soeparlan memantau proses pembuatan dari awal hingga akhir kerajinan akar jati.

Kepada pemilik dan pekerja, AKP Soeparlan berpesan agar selalu semangat dan terus berkarya dengan mencari inovasi ataupun model model baru kerajinan akar jati, sehingga permintaan ataupun pemasaran terus berjalan lancar.

“Kita berikan support dan semangat untuk para pelaku UMKM di Blora, salah satunya adalah pengrajin dekorasi akar jati,” ucap AKP H. Soeparlan.

Terkait bahan baku jati yang digunakan, Kasubbag Humas Polres Blora AKP H. Soeparlan,SH menegaskan agar tidak main main dengan menggunakan kayu jati yang ilegal.

“Sudah berjalan lancar dan banyak pelanggan. Hindari penggunaan bahan jati ilegal. Gunakanlah kayu jati yang resmi. Selain aman tentunya akan lebih membawa berkah untuk nafkah keluarga,” pungkas AKP H. Soeparlan. (Her/El)