Home Ekbis Penghapusan BBM Jenis Premium Jangan Buru-Buru

Penghapusan BBM Jenis Premium Jangan Buru-Buru

image

Solo,20/4 (Beritajateng.net) – Pemerintah berencana akan melakukan penghapusan Bahan Bakar Bersubsidi (BBM) jenis premium  Jenis RON 88 akan diganti  dengan jenis  RON 90 yang memiliki selisih perbedaan oktan hanya 2 persen saja.

Rencananya penghapusan  BBM jenis premium dan digantikan dengan BBM jenis pertalite yang akan  dilakukan  pemerintah melalui PT.Pertamina akan diperlakukan mulai 1 Mei 2015 mendatang. 

RON 90 (pengganti premium) memiliki  standart kwalitas masih berada dibawah Pertamax, yakni RON 92. Namun dari segi harganya  masih tinggi RON 90 dibandingkan RON 88 (premium).

Walikota Solo FX Hadi Rudiyatmo menilai rencana pemerintah akan menghapus premium terkesan terburu-buru. Seharusnya pemerintah
melakukan perencanaan yang matang sebelum mengambil suatu kebijakan. 

“Jangan terburu-buru melakukan sosialisasi pada masyarakat. Dilihat dan dipahami apakah benar hal itu (menghapus premium) sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” jelas Rudi di Solo Jawa Tengah, Senin (20/4/2015). 

Seharusnya ungkap Rudi pemerintah memikirkan lagi, karena rencana penghapusan premium itu diganti dengan jenis baru (RON 90) sebenarnya tidak berbeda jauh dari  jenis premium RON 88. Sebab antara   RON 88 dan RON 90 selisihnya oktannya hanya 2 persen.

Sehingga lanjut Rudi jika ada selisih yang sangat kecil  kenapa tidak menggantinya dengan  pertamax, yang memiliki  RON 92 yang memiliki kwalitas lebih bagus dengan selisih harga tidak terpaut jauh.  

“Kalau mau  mengalihkan kesana, sekalian saja. Saya melihat perselisihan angka 2 persen ini akan menimbulkan bocoran-bocoran oplosan. Hal ini sangat mungkin terjadi,” ucap  Rudi dengan nada tegas.  

Jangan sampai penghapusan premium dilakukan untuk menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Karena itu perlu pengkajian yang lebih mendalam lagi sebelum mengambil kebijakan. (BJ24)