Home Lintas Jateng Pengemis Dadakan Menjamur Resahkan Warga

Pengemis Dadakan Menjamur Resahkan Warga

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi
Blora, 18/6 (BeritaJateng.net) – Memasuki bulan Ramadan Warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, merasa khawatir dengan menjamurnya pengemis dadakan, jika hal itu tidak segera diatasi, maka mobilisasi pengemis tidak terbendung.
Warga Cepu, Widi Julianto, mengatakan, pengemis yang tersebar di sejumlah titik di wilayah setempat berasal dari berbagai wilayah luar Cepu.
“Tempat umumseperti masjid dan mushala, selalu menjadi target para pengemis musiman untukmeraup rupiah. Namun, hal ini tentu sangat mengganggu,” ujarnya, Rabu (17/6/2015).
Sejauh ini belum ada tindakan maupun sosialisasi dari pihak terkait.Sehingga, dikhawatirkan mobilisasi pengemis musiman itu sulit dibendung. Saat ini sudah banyak pengemis yang berdatangan.
“Kami harap dinas terkait mengantisipasi banyaknya pengemis yang datang seperti ini. Kalau Ramadhan jumlahnya bisa lebih banyak lagi pastinya,” katanya.
Sementara itu, Kepala Satpol PP Kecamatan Cepu, Dahlan Rosidi, menyatakan,akan melakukan penertiban jika ada pengemis yang menyebar di wilayah Cepu.
Hal ini untuk mengantisipasi adanya pelonjakan pengemis musiman yang mencariperuntungan di bulan ramadhan.
“Memang biasanya mendekati bulan Ramadan seperti ini di manfaatkan bagi pengemis musiman yang semakin banyak bermunculan,” ujarnya.
Menurutnya sejauh ini belum ada instruksi maupun koordinasi dari KantorSatpol PP Kabupaten Blora. Meski demikian, pihaknya akan mulai melakukan pemantauan terhadap keberadaan pengemis. Sehingga, ketertiban masyarakat bisa tetap terjaga.
“Itu sudah kami waspadai. Kalau memang dirasa mengganggu, kami akanmengajukan permohonan agar dilakukan penertiban. Karena kebanyakan dari merekamemang dari luar wilayah Cepu,” katanya.
Pihaknya berharap kepada masyarakat di wilayah Cepu, jika ada pengemis yangmulai muncul segera untuk dilaporkan, agar segera ada penindakan. (BJ31)