Home Ekbis Pengembang Perumahan Minta Pemkot Sediakan Lahan Makam Modern

Pengembang Perumahan Minta Pemkot Sediakan Lahan Makam Modern

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 3/7 (BeritaJateng.net) – Pemkot Semarang meminta kepada para pengembang perumahan di kota ini untuk menyerahkan prasarana sarana dan utilitas umum (PSU) perumahan. Permintaan itu ditanggapi positif para pengembang, meski masih ada yang belum bersedia menyerahkan aset PSU-nya ke pemkot.

Salah satu pengembang besar di Kota Semarang, Citra Sun Garden mengaku tidak masalah jika aset PSU pengembang diserahkan ke pemkot. Hal itu dikatakan General Manager Project Citra Sun Garden Dipayuda di Semarang, Jumat.

Dipayuda menanggapi permintaan dari pemkot soal penyerahan aset PSU pengembang ke pemerintah setempat. Namun, lanjut Dipayuda, ia juga meminta Pemkot Semarang agar bisa memfasilitasi dengan menyediakan dan membangun pemakaman umum modern meniru langkah yang dilakukan Pemkot Surabaya.

“Pengembang yang memiliki lahan kecil sekitar 15 hektare tidak repot dalam menyediakan lahan pemakaman untuk warganya. Selain itu, areal pemakaman umum itu juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa pengembang perumahan lainnya,” jelasnya.

Selama ini, jelas Dipayuda, berkaitan dengan kewajiban pengembang perumahan menyediakan lahan makam, belum ada keputusan final.

“Saat ini setidaknya ada tiga opsi yang ditawarkan. Yakni keberadaan fasilitas makam bisa berada di dalam kawasan perumahan, bisa di luar kawasan perumahan atau dalam bentuk kompensasi dana pada masyaraka untuk membeli lahan makam di luar kawasan,” katanya. (Bj23)