Home Hiburan Pendidikan Musik Keroncong Mulai Masuk Ke Sekolah

Pendidikan Musik Keroncong Mulai Masuk Ke Sekolah

Semarang, 18/4 (BeritaJateng.net) – Musik asli jawa Keroncong saat ini mulai masuk di sekolah-sekolah di Semarang. Masuknya musik keroncong ini merupakan kerja extra penggiat musik keroncong di Kota Semarang agar tidak punah di generasi muda.

Seperti Drs. Suwarno Agung Nugroho salah satu penggat musik Keroncong di Kota Semarang, yang juga menjadi kepala Sekolah SMP 12 Semarang ini terus menerus memberikan pendidikan tentang musik keroncong kepada para siswanya.

Ia mengatakan, bahwa musik keroncong itu merupakan salah satu bagian kearifan lokal yang ada di Jawa. Selain itu, musik keroncong adalah musik yang bisa menularkan nilai-nilai luhur dan sarat petuah keluhuran yang ada di Indonesia.

“Pemahaman seperti itulah, yang terus kami sampaikan kepada anak-anak, sebelum mereka terjun secara langsung di musik keroncong. Bagi kami dengan cara inilah bisa melestarikan musik keroncong,” ujar Kepala Sekolah SMP 12 Semarang.

Lanjutnya, melalui pemahaman seperti itu, tidak sedikit anak-anak mulai menyukai musik keroncong bahkan sampai ingin belajar bermain musik keroncong.

“Alhamdulillah pada tahun 2015 terbentuknya Orkes Musik Cemara Nada yang semuanya anggotanya siswa SMP N 12 Semarang,” katanya.

Sebelum terbentuknya Cemara Nada, juga sudah membentuk Orkes Musik Keroncong di SMP N 23 Mijen dan SMP N 18 Semarang.

Agung juga menambahkan, terbentuknya musisi keroncong para siswa ini, sering dipercaya tampil di kegiatan-kegiatan penting di pemerintahan. Seperti, peringatan Hari Guru Nasional di UPGRIS Tingkat Jawa Tengah, Peringatan HUT Komunitas Keroncong dan diikut sertakan berbagai macam lomba keroncong di Kota Semarang.

“Kami berharap kepada pemerintah, musik keroncong bisa dimasukkan di dalam kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah khususnya di Kota Semarang. Mungkin dengan cara inilah, musik keroncong tetap akan eksis khsusunya dikalangan para genarasi muda,” harap Agung.

Vanessa, salah satu vokalis Cemara Nada mengaku, senang terjun di dunia musik keroncong. Menurutnya, dengan terjun di musik keroncong bisa melestaraikan budaya keroncong. Terlebih musik keroncong merupakan musik yang membawa nilai-nilai luhur ke Indonesian.

“Rasanya seneng bisa menjadi bagian di musik keroncong, sehingga saya jadi mengerti tentang musik keroncong. Ternyata banyak hal tentang musik keroncong,” tuturnya.(BJ06)