Home Lintas Jateng Pendaftaran TNI AL, Danlanal Semarang Tegaskan Tak Ada Unsur KKN

Pendaftaran TNI AL, Danlanal Semarang Tegaskan Tak Ada Unsur KKN

1147

Semarang, 20/4 (BeritaJateng.net) – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Laut (P) Elka Setyawan, tegaskan tak ada unsur KKN dalam proses rekrutmen calon Bintara PK (Prajurit Karir) TNI Angkatan Laut.

“Tidak ada yang namanya istilah ‘titip’. TNI AL butuh orang-orang yang memang tangguh dan terpilih,” tandas Elka, saat ditemui BeritaJateng.net, Rabu (20/4).

Alumnus Akabari Laut tahun 1992 itu menambahkan, apabila ada oknum anggotanya yang diketahui terlibat dalam praktik kotor, dirinya secara tegas akan menindaklanjutinya.

“Baik yang memberi maupun yang menerima akan saya tindaklanjuti. Kalau yang memberi (calon prajurit) akan saya coret. Sedangkan yang menerima (oknum anggota) akan saya proses,” ungkap Elka.

Diakuinya, pada proses rekrutmen seperti ini, tak menutup kemungkinan ada celah yang bisa dimafaatkan oleh sejumlah oknum. Dia menyebut, unsur nepotisme rentan terjadi kala orang tua calon prajurit melakukan pendekatan personal kepada beberapa anggota.

IMG_20160420_51205“Saya berulang kali didekati oleh sejumlah orang yang mengaku keluarga calon siswa. Mulai dari yang memberikan uang, berupa barang atau apapun itu, yang ujung-ujungnya untuk kelulusan anaknya. Namun, semuanya itu saya tolak dengan tegas,” jelas suami dari Iptu Subiyanti ini.

Oleh sebab itu, menurut Elka, kedepan perlu suatu pengawasan yang baik. Danlanal kelahiran Pontianak, 7 Mei 1970 ini menyatakan selama dirinya menjabat di Lanal Semarang, belum ada dari anggotanya yang terlibat praktik-praktik curang tersebut.

Sebelumnya, proses rekrutmen calon Bintara PK TNI AL ini sudah dibuka resmi dengan sistem online, melalui situs www.rekrutmen-tni.mil.id. Sedangkan untuk pendaftaran ulang masih berlangsung mulai 11 April lalu hingga 28 April mendatang.

Sementara itu, Kapten Laut Heri Suyatno, selaku Pasminlog Lanal Semarang, mengatakan, untuk calon Bintara PK TNI AL se-Jawa Tengah, yang perempuan hanya terpusat dan dilaksanakan di Lanal Semarang. Sementara untuk laki-laki, dilangsungkan di empat tempat.

“Kalau laki-laki empat tempat yakni di Lanal Semarang, Cilacap, Tegal dan Yogyakarta. Adapun untuk pembukaan Taruna, baik perempuan maupun laki-laki terpusat di Lanal Semarang,” terangnya.

Terkait antusiasme masyarakat sendiri, diutarakannya, di tahun 2015 lalu tercatat jumlah pendaftar lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya. Adapun untuk tahun ini, dia belum bisa memastikan apakah ada peningkatan atau penurunan.

“Kalau tahun ini belum tahu, karena masih berlangsung. Namun untuk tahun kemarin (2015), diatas 1.300. Lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Dan di tahun ini, dari SMK semuanya bisa mendaftar,” pungkas Heri. (Bjt02)