Home News Update Pendaftar Seleksi Eselon II Di Luar Perkiraan

Pendaftar Seleksi Eselon II Di Luar Perkiraan

PNS eselon II
ilustrasi

Semarang, 26/11 (BeritaJateng.Net) – Ketua panitia seleksi Budi Prayitno mengatakan jumlah pendaftar seleksi terbuka pegawai negeri sipil eselon II untuk lima jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di luar perkiraan.

“Awalnya kami memprediksikan akan ada 50 pendaftar, tapi ternyata pada hari terakhir pendaftaran pukul 16.00 WIB, jumlahnya 88 pendaftar,” katanya di Semarang, Rabu (26/11).

Berdasarkan data pansel, 29 orang mendaftar untuk posisi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Jateng, 16 orang mendaftar Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Jateng, 14 orang mendaftar Kepala Dinas Kesehatan Jateng, dan masing-masing sepuluh orang serta tiga orang mendaftar Wakil Direktur Umum dan Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Moewardi Surakarta.

Ia mengungkapkan bahwa dari jumlah total pendaftar tersebut, sebanyak 16 orang tidak menyebutkan mendaftar untuk posisi apa.

“Jika dilihat dari daerah domisili para pendaftar maka cukup merata di 35 kabupaten/kota, tapi ada juga pendaftar yang berasal dari luar Provinsi Jateng,” ujarnya.

Menurut dia, panitia seleksi akan melakukan seleksi administrasi terhadap berkas-berkas para pendaftar guna mengetahui memenuhi syarat atau tidak.

“Pengumuman seleksi administrasi bagi pendaftar yang dinyatakan lolos akan kami umumkan pada Jumat (28/11) pagi melalui situs Pemprov Jateng di www.jatengprov.go.id,” katanya.

Setelah ini, kata dia, panitia seleksi akan melanjutkan tahapan seleksi berikutnya berupa uji gagasan, “assessment” dan “tracking”, wawancara dengan panitia seleksi.

“Pada akhirnya nanti kami akan menyerahkan nama-nama hasil seleksi kepada gubernur dan dilanjutkan wawancara dengan gubernur,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa pendaftaran seleksi terbuka pegawai negeri sipil eselon II yang dibuka pada 6-26 November 2014 ini dapat diikuti oleh pegawai negeri sipil dari seluruh Indonesia yang memenuhi berbagai persyaratan.

Terkait dengan hal itu, Ganjar telah membentuk panitia seleksi yang beranggotakan sembilan orang dari eksternal serta internal birokrasi Pemprov Jateng.

“Anggota panitia seleksi itu mempunyai latar belakang dari berbagai disiplin ilmu dan berasal dari perguruan tinggi, tokoh masyarakat, birokrasi, profesional, serta aktivis,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Panitia seleksi pegawai negeri eselon II diketuai oleh Budi Prayitno dengan anggota Sri Puryono Kartosoedarmo, Widadi, Sugiyanto, Angelina Ika Rahutami, Myra Diarsi, Hartanto, dan Untung Alifianto.

Panitia seleksi mempunyai tugas untuk merumuskan persyaratan jabatan, ruang lingkup, dan tahapan seleksi, melaksanakan tahapan seleksi secara terbuka dan kompetitif, serta menentukan dan menyampaikan sekurang-kurangnya tiga calon pejabat tinggi pratama hasil seleksi kepada Gubernur Jateng.

Menurut dia, seleksi pegawai negeri sipil eselon II ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun dan setiap perkembangan informasi seleksi dapat diakse melalui situs Pemprov Jateng di www.jatengprov.go.id.

“Targetnya nanti pada 9 Desember 2014, saya dan Pak Heru (Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, red) sudah memilih calon terbaik untuk mengisi kekosongan lima jabatan yang ada,” ujarnya. (ant/pri)

Advertisements