Home Headline Pencuri Ini Ditangkap Korbannya Sendiri di Masjid Kauman

Pencuri Ini Ditangkap Korbannya Sendiri di Masjid Kauman

Pelaku pencurian yang ditangkap korbannya sendiri.

Pelaku pencurian yang ditangkap korbannya sendiri.

Semarang, 21/4 (Beritajateng.net) – Pencuri yang satu ini bernasib nahas. Pasalnya, pencuri yang diketahui bernama Sujono (45) warga Gedangan, Boja ini ditangkap oleh korbannya sendiri saat berada di masjid Kauman, Johar, Selasa (21/4).

Beruntung pelaku langsung diamankan oleh petugas Satuan Pengamanan (Satpam) yang kemudian diserahkan ke Polsek Semarang Tengah.

Kepada polisi Sujono mengaku telah beberapa kali mencuri. Namun baru apes kali ini ketangkap oleh korbannya sendiri.

“Saya sebetulnya tidak tahu kalau korban yang pernah saya curi barangnya sedang berada di Masjid Kauman. Tapi karena mungkin lupa ya saya santai saja,” katanya saat gelar perkara di Polsek Semarang Tengah, Selasa (21/4).

Jono menjelaskan, memang ia pernah kenalan dengan korban saat berada di Masjid. Setelah akrab dan berkenalan suatu hari mampir dirumah korban.

“Saya ketemu pak Nasokha (Korban-Red) minta alamat dan mampir kerumahnya. Saya disana menginap dua hari dua malam barang-barang saya ambil,”jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan terkait mencuri, mengaku beberapa kali mengambil dompet dengan sasaran koran saat ziarah.

“Biasanya cari sasaran korban saat ziarah. Mengelabuhi dengan cara ajak ngobrol-obrol dulu, kemudian tahu korban sedang sholat langsung saya eksekusi tas,” imbuhnya.

Dari barang-barang yang berhasil diambil biasanya langsung dikasihkan kepada orang.

“Hasil curian langsung saya kasihkan orang dan diganti dengan uang,”tuturnya.

Kanit Reskrim Semarang Tengah Iptu Tri Agus mengatakan, penangkapan pelaku pencurian ini bermula dari hasil tangkap pelaku. Kebetulan korban paham betul ulah pelaku.

“Tersangka ditangkap tangan oleh korban di masjid kauman, kemudian dibawa ke pos keamanan. Setelah itu baru dibawa oleh anggota. Kebetulan korban sudah paham pelaku saat melakukan pencurian dirumahnya,” ucapnya.

Dari hasil penyelidikan dengan korban pelaku ini mencuri sarung 7 potong, 6 celana Jins, koko, celana lewis dagangan dirumah korban bernama Nasokha (53) Warga Kaliayu RT 4 Rw 3, Kaliayu, Cepiring saat bermalam.

“Jadi pelaku ini mencuri barang-barang hingga jam tangan senilai 2 real,” tuturnya.

Agus menambahkan pihaknya akan terus mengembangkan kasus ini, dugaan sementara pelaku sudah melakukan pencurian lintas kota. Dari tangan pelaku polisi mengamankan barang bukti tas yang berisi sejumlah identitas korban, dan sorban.

“Kami masih kembangkan kasusnya. Dari penyelidikan sudah 9 TKP lintas kota pelaku beraksi,” tandasnya.(BJ04)