Home Ekbis Penataan Lapak Pedagang Shopping Center Johar Selesai Bulan Juni Ini

Penataan Lapak Pedagang Shopping Center Johar Selesai Bulan Juni Ini

Semarang, 19/6 (BeritaJateng.net) – Penataan los dan kios pedagang di Shopping Center Johar (SCJ) diperkirkan selesai Juni 2022. Hanya saja, prasarana dan sarana penunjang di SCJ diperkirakan belum siap. Misalnya saja seperti pada penggunaan lift dan eskalator yang berada di bangunan lima lantai tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nur Kholis, mengatakan, pembiayaan untuk maintenance (perawatan) prasarana dan sarana penunjang belum dianggarkan pada APBD 2022. Padahal, keberadaannya termasuk salah satu hal yang cukup vital untuk akses pengangkutan barang maupun orang di gedung SCJ.

”Lift dan eskalatornya sudah cukup lama digunakan, tentunya butuh perawatan lanjutan. Bahkan dimungkinkan untuk dilakukan penggantian beberapa komponen suku cadangnya. Kami berencana akan mengajukan penganggarannya di APBD Perubahan 2022 atau di APBD 2023. Soalnya, biaya perawatan ini yang belum tersentuh di penganggaran sebelumnya,” ujar dia, belum lama ini.

Menurut Nur Kholis, dengan adanya situasi dan kondisi seperti ini maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan perwakilan pedagang terkait penempatan di SCJ. Hanya saja, tentunya evaluasi dan pengambilan kebijakan dari situasi yang ada tersebut akan dikonsultasikan kepada jajaran pimpinan terlebih dulu.

”Opsi untuk koordinasi dengan pedagang, akan dilakukan setelah adanya keputusan dari pimpinan. Barangkali ada kemungkinan pilihan lain, untuk pembiayaan bagi perawatan prasarana dan sarana tersebut,” papar dia.

Sementara untuk pengundian pedagang yang akan menempati kios dan lapak di SCJ, juga belum dilakukan. Hal tersebut dikarenakan penataan kios dan lapak baru berlangsung untuk lantai 3-5. Sementara yang berada di lantai 1 dan 2 belum bisa dilaksanakan.

”Soalnya, pengelolaan kios dan lapak di lantai 1 dan 2 SCJ, masih dikuasai pihak ketiga. Belum diserahkan kepada Pemkot Semarang,” ungkap dia. (Ak/El)