Home Lintas Jateng Penambahan Pangkalan Elpiji Diprioritaskan Daerah Terpencil

Penambahan Pangkalan Elpiji Diprioritaskan Daerah Terpencil

image

Kudus, 20/3 (Beritajateng.net) -Penambahan pangkalan elpiji ukuran 3 kilogram di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diprioritaskan untuk daerah terpencil yang memang belum tersedia pangkalan, kata Kasi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus Sofyan Dhuhri.

“Hingga kini, jumlah desa yang belum memiliki pangkalan elpiji mencapai 16 desa di Kabupaten Kudus sehingga perlu ada pemerataan agar masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan elpiji 3 kg,” ujarnya di Kudus, Jumat.

Dari belasan desa yang belum tersedia pangkalan elpiji tersebut, kata dia, belum bisa dipenuhi semuanya karena alokasi elpiji yang diterima Kudus tidak ada perubahan.

Oleh karena itu, kata dia, dipilih daerah yang terpencil karena akses ke sejumlah daerah yang tersedia pangkalan elpiji tentunya terkendala jarak.

Hasil pantauan di lapangan, kata dia, pangkalan yang mendapatkan alokasi cukup banyak tersebar di wilayah perkotaan.

“Jika nantinya ada penambahan pangkalan di daerah terpencil, maka pangkalan yang mendapatkan alokasi cukup banyak akan dikurangi untuk diberikan kepada pangkalan baru,” ujarnya.

Terkait pengurangan alokasi terhadap pangkalan elpiji yang mendapatkan alokasi cukup banyak, kata dia, tentunya harus diberikan pengertian terhadap pangkalan elpiji terkait agar tidak menimbulkan permasalahan.

Beberapa desa terpencil yang menjadi prioritas penambahan pangkalan elpiji, yakni tersebar di Kecamatan Undaan dan Dawe.

Sebelumnya, kata dia, penambahan pangkalan elpiji diserahkan kepada pemkab, namun karena yang mengetahui kondisi di lapangan merupakan agen hal itu diserahkan kepada pihak agen elpiji untuk membuka pangkalan baru.

Belasan desa yang belum memiliki pangkalan elpiji 3 kg tersebut tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Kecamatan Dawe, Kecamatan Gebog, dan Kecamatan Jekulo.

Adapun jumlah pangkalan elpiji 3 kg di Kabupaten Kudus tercatat sebanyak 595 pangkalan yang tersebar di sembilan kecamatan.

Sementara jumlah agen elpiji di Kudus terdapat delapan agen, yakni PT Bahtera Agung Sentosa, PT Lentera Cahaya Migas, PT Pelita Harapan, PT Aminah Maju Jaya, PT Bahagia Santosa, PT Dwi Audrine Putri, PT Ngupoyo, dan PT Lutfi Andalusia.(ant/BJ)

1 COMMENT

  1. INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

Comments are closed.