Home Lintas Jateng Pemudik Mobil Pribadi Di Jateng Meningkat

Pemudik Mobil Pribadi Di Jateng Meningkat

IMG-20150722-WA0053

Semarang, 23/7 (BeritaJateng.net) – pada arus mudik lebaran tahun ini pemudik dengan menggunakan mobil pribadi meningkat secara signifikan di Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dishubkominfo Jateng Satriyo Hidayat usai melakukan sidak ke pusat-pusat keramaian mudik.

Menurutnya, kenaikan pengguna mobil pribadi di Jawa Tengah naik sekitar 36,8 persen dibandingkan arus mudik tahun lalu.

“Jumlah pemudik menurun sekitar 3,5 persen di Jawa Tengah, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor juga menurun sekitar 13,5 persen dan paling istimewa yakni para pemudik menggunakan mobil penumpang naik sekitar 36,8 persen dibandingkan tahun lalu,” jelasnya.

Jika dihitung, lanjut Satriyo, angkanya sekitar 125 ribu mobil pribadi yang terhitung masuk di Jawa Tengah ini.

Peningkatan pemudik menggunakan mobil pribadi ini sempat mengakibatkan kemacetan mulai 6 jam, 8 jam hingga 24 jam di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

“Jika pintu masuk Jawa Tengah sebelah Utara yang lewat perbatasan dari Brebes – Tegal itu H-1 ada sekitar 58.841 kendaraan pribadi dan Bis sekitar 4.200-an, jadi jangan heran kalau kemaren terjadi kemacetan, karena kapasitas jalannya itu dilalui lebih dari kapasitas, sehingga kemarin ada yang terjadi macet hingga 24 jam, 8 jam dan 6 jam,” ucapnya.

Untuk arus balik, kondisi sudah terurai, dipastikan akan lebih padat di jalur Selatan, jika di jalur Utara lancar terjadi kepadatan namun merayap lancar dengan kecepatan tempuh 20-30km.

“Perkiraan akan terjadi keramaian dan kepadatan lagi Jumat dan Sabtu depan, yang non formal setelah Syawalan mereka baru pulang kembali, jadi mulai Jumat sore diperkirakan akan terjadi kepadatan kembali,” tambahnya.(BJ06)