Home News Update Pemudik KA di Purwokerto Meningkat 50 Persen

Pemudik KA di Purwokerto Meningkat 50 Persen

Purwokerto,, 26/6 (Beritajateng.net) – Memasuki H-10 Lebaran, pemudik yang menggunakan jasa angkutan Kereta Api (KA) mulai berdatangan. Di Stasiun Purwokerto, jumlah kedatangan pemudik bahkan sudah meningkat 50 persen di banding periode yang sama pada Lebaran tahun sebelumnya.

Dari data Daop V Purwokerto, jumlah penumpang yang turun di Stasiun KA Purwokerto pada H-11 kemarin, mencapai 3.463 penumpang. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, jumlah pemudik yang turun di Stasiun Purwokerto baru mencapai 2.223 penumpang.

Humas Daop V Purwokerto,Surono, Minggu (26/6) mengatakan, arus mudik mulai terasa dengan meningkatkan jumlah penumpang yang rueun di semua stasiun wilayah Daop V Purwokerto. Di Stasiun Kutoarjo, jumlah penumpang yang turun mencapai 2.984 orang.Pada periode yang sama Lebaran tahun lalu, jumlah penumpang yang turun baru mencapai 2.182 penumpang, sehingga terjadi peningkatan 37 persen.

“Arus mudik mulai terasa, jumlah penumpang yang turun di semua stasiun mengalami peningkatan,” kata Surono.

Pada H-10 kemarin, total jumlah penumpang yang turun di stasiun wilayah Daop V Purwokerto mencapai 11.436 penumpang. Jumlah ini mengalami peningkatan 51 persen jika dibandingkan lebaran tahun lalu yang hanya 7.580 penumpang.

Menurut Surono, peningkatan jumlah penumpang pada masa angkutan lebaran tahun ini karena adanya peningkatan jumlah kereta api yang dioperasikan. Untuk Lebaran tahun ini, di jalur lintas selatan dioperasikan 96 KA penumpang per hari, sementara tahun lalu hanya 90 KA. Jumlah kereta api penumpang yang dioperasikan tersebut meliputi 72 KA reguler dan 24 KA Tambahan lebaran. Sedangkan di lebaran tahun lalu hanya ada 70 KA reguler dan 20 KA Tambahan Lebaran. (BJ33)