Home Ekbis Pemprov Jateng Targetkan Serap 5 ribu Tenaga Garmen

Pemprov Jateng Targetkan Serap 5 ribu Tenaga Garmen

image

Semarang, 7/3 (BeritaJateng.net) – Data dari Badan Statistik  Jawa Tengah per Februari 2015 mencatat 965.000 penduduk di Jawa Tengah masih menganggur atau mencari pekerjaan. Jika dibandingkan dengan kondisi setahun terakhir tingkat pengangguran terbuka sedikir mengalami penurunan sebesar nol koma nol enam persen atau sebesar sembilan ratus enam puluh tiga ribu orang.

Namun demikian secara absolut tingkat pengangguran terbuka di Jawa Tengah mengalami peningkatan 2.000 orang.

Masih tingginya angka pengangguran di Jawa Tengah menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah propinsi. Pada tahun ini Pemerintah Propinsi Jawa Tengah mentargetkan penyerapan  lima ribu lebih tenaga kerja garmen siap kerja.

“ Pada tahun ini Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melalui disperindag Jateng mentargetkan 5.200 penyerapan tenaga kerja yang akan dikirim ke sejumlah perusahaan garmen di Jawa Tengah. Pada gelombang pertama tahun 2015, sebanyak 220 tenaga kerja garmen sudah siap dikirim untuk bekerja,” ujar Kepala dinas perindustrian dan perdagangan propinsi Jawa Tengah Prio Anggoro.

Pada tahun 2014 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah melalui balai PSDM dan Produk IKM telah melatih sebanyak 3.450 orang dengan jumlah peserta mandiri sebanyak 2.428 orang dan sebanyak 1.220 disalurkan ke perusahaan garmen di seluruh jateng. (BJ28)