Home News Update Pemprov Jateng Bangun Sitem “E-Government”

Pemprov Jateng Bangun Sitem “E-Government”

Semarang, 29/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedang membangun sebuah sistem yang menyatukan satuan kerja perangkat daerah di provinsi setempat dalam satu jaringan “online” atau yang disebut “E-Government”.

“‘E-Goverment’ merupakan pola perencanaan sumber daya manusia Pemprov Jateng dan sumber daya anggaran yang dimiliki, termasuk aset,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Senin.

Menurut Ganjar, dengan sistem “E-Government” yang sudah digunakan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Surabaya ini dirinya dapat memantau kinerja, jumlah dan potensi pegawai, penganggaran, lelang pengadaan barang serta jasa hingga transaksi keuangan seluruh SKPD.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan sistem “E-Government” dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika bersama dengan lembaga teknologi informasi dari swasta.

“Selama ini masing-masing SKPD sudah memiliki teknologi informasi sendiri-sendiri tapi jika saya ingin melihat penganggaran yang dilakukan secara menyeluruh antar-SKPD harus melihat satu persatu secara terpisah dan hal itu menyulitkan sehingga perlu sebuah sistem yang terpusat,” ujarnya.

Ganjar meminta pembangunan sistem “E-Government” dapat selesai pada 2015 agar pada tahun berikutnya sudah bisa diaplikasikan secara menyeluruh.

“‘E-Government’ itu ibarat tongkat sakti untuk mengontrol, memonitor, dan mengevaluasi seluruh program pembangunan, termasuk pelaksanaan tahun infrastruktur di Jateng,” katanya.

Sebelumnya, Ganjar telah mengutus tim untuk belajar “E-Government” di Surabaya dan meminta izin kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk mengadaptasi sistem tersebut.

Untuk pelaksanaan “E-Government” di Jateng akan sedikit berbeda karena bupati dan wali kota yang ada di provinsi setempat tetap harus mengontrol penuh daerahnya, sedangkan Gubernur hanya mengontrol SKPD serta berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota