Home Ekbis Pemprov Jateng Ajak ASN Bantu UMKM Bangkit Melalui GoShop

Pemprov Jateng Ajak ASN Bantu UMKM Bangkit Melalui GoShop

Pemprov Jateng Ajak ASN Bantu UMKM Bangkit Melalui GoShop

Semarang, 12/8 (BeritaJateng.net) – Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Jawa tengah menggandeng Gojek untuk menawarkan solusi belanja produk UMKM secara daring melalui layanan GoShop di aplikasi Gojek.

Program ini digelar dengan mengambil momentum Hari UMKM Nasional tanggal 12 Agustus 2021, sebagai wujud dukungan Pemprov Jateng dan Gojek untuk UMKM dapat terus bangkit selama pandemi.

GoShop memudahkan masyarakat  untuk membeli berbagai kebutuhan dari lokasi mana pun dan telah tersedia di seluruh Indonesia. Proses pembeliannya akan dibantu oleh Mitra Driver Gojek.

Dengan layanan ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya tanpa perlu ke luar rumah. Layanan GoShop telah banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama menjalankan aktivitas dari rumah terutama saat berlangsungnya pembatasan sosial.

Kini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong akses pemenuhan kebutuhan pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui ribuan UMKM yang tersebar di Jawa Tengah dengan menggunakan layanan GoShop. Hal ini menjadi solusi berbelanja produk UMKM dari rumah sekaligus mendukung para UMKM agar dapat melanjutkan usahanya di tengah pandemi COVID-19.

Strategic Regional Head Gojek Central West Java, Anandita Danaatmadja  mengaku sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Pemprov Jawa Tengah,  dalam hal ini Dinas Koperasi UKM Pemprov Jawa Tengah bersama dengan Gojek.

“Ekosistem kami termasuk layanan GoShop sejak awal pandemi turut membantu mitigasi penyebaran pandemi COVID-19 melalui pemanfaatan teknologi digital dan program kolaboratif. Disamping itu, kami terus mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai penularan COVID-19 dan menjaga kontak fisik secara langsung sembari mengemban tanggung jawab untuk menjaga mitra kami seoptimal mungkin agar mereka tetap produktif dan aman. Keamanan, Keselamatan, dan Kenyamanan layanan selalu menjadi prioritas kami, apalagi di tengah masa pandemi. Ratusan Ribu Mitra Driver Gojek telah mengikuti program vaksinasi di penjuru nusantara termasuk di Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa dalam rangka membantu UMKM keluar dari pandemi, adalah dengan digitalisasi. Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Jawa Tengah bekerjasama dengan Gojek melalui layanan ekosistemnya GoShop yang merupakan solusi untuk membantu UMKM di Jawa Tengah.

“Sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menanggulangi penyebaran pandemi COVID-19 sekaligus membantu UMKM yang terdampak, kami melakukan berbagai inisiatif dan terobosan sehingga perputaran ekonomi masyarakat harus tetap berjalan dengan cara yang sehat dan cerdas. Dengan mendorong para ASN untuk jajan produk umkm melalui GoShop, maka akan turut membantu ribuan UMKM yg terampak selama pandemi ini dapat bertahan dan bangkit,” katanya.

Program Pekan Jajan ini akan berlangsung selama dua bulan sejak tanggal 12 Agustus 2021, GoShop akan membantu mempromosikan UMKM lokal di aplikasi Gojek di 21 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah yang sudah terintegrasi dengan layanan GoShop. Ribuan UMKM di Jawa tengah  juga telah mendapatkan pelatihan agar UMKM mereka dapat ditemukan di aplikasi Google maps sehingga bisa ditemukan pada layanan GoShop.

Layanan GoShop telah terbukti mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari empat kali lipat dalam empat tahun terakhir, dan di Jawa Tengah sendiri transaksi GoShop naik 38% pada masa pandemi 2020.

UMKM merupakan bagian dari masyarakat yang terdampak selama pandemi. Gojek, sebagai bagian dari GoTo, berkomitmen untuk mendukung bangkitnya UMKM lokal dan industri logistik melalui pemanfaatan ekosistem digital sebagai bagian dari usaha untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Gojek yakin bahwa semangat gotong royong semua elemen masyarakat dapat mendorong semua pihak untuk #BangkitBersama melalui pandemi ini. (Ak/El)