Home Lintas Jateng Pemkot Usul Pengadaan Blangko E-KTP Lewat E-Catalog

Pemkot Usul Pengadaan Blangko E-KTP Lewat E-Catalog

Ilustrasi

 

Semarang, 5/8 (BeritaJateng.net) – Pemerintah kota (Pemkot) Semarang mengusulkan pengadaan blangko e-KTP melalui E catalog untuk mempermudah pengadaan blangko yang selama ini distribusinya sering  mengalami keterlambatan dari Pemerintah Pusat.

Seketaris Daerah Kota Semarang, Adi Trihananto menyebutkan, administrasi kependudukan yang masih sering mendapat keluhan dari masyarakat yakni berada disektor pembuatan KTP.

Hal ini diketahui dari laporan petugas Kelurahan yang mengaku sering telat mendapat distribusi Blangko KTP dari Dinas Kependudukan dan catatan sipil–Dispendukcapil kota Semarang.

Sementara saat dikonfirmasi, dari dinas tersebut ternyata kendala ini berasal dari Distribusi Pemerintah Pusat.

Adi menjelaskan, selain blangko yang masih sering terlambat distribusinya, masalah lain yakni dalam percetakan yang tidak sesuai serta lamanya pelayanan.

“Tidak hanya dari KTP namun juga semua administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Akta Kematian yang memiliki kekuatan hukum administrasi penduduk,” katanya.

Adi mengatakan salah satu upaya memperbaiki pelayanan dengan mendorong ketersediaan blangko berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat. “Hal ini terjadi karena ketersediaan blangko untuk pendaftaran catatan sipil bagi warga semua di adakan oleh Kementrian Dalam Negeri sehingga tidak hanya kota semarang saja yang mengalami persoalan ini,” ungkap Adi.

Sementara itu Plt. Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Retno Tri Wiyastuti mengaku blangko menjadi kendala utama yang ada dalam pelayanan public dikota semarang, pengadaan blangko sendiri menjadi kewenangan dari Pemerintah Pusat.

“Untuk menyiasati kekosongan blangko e-KTP, Dispendukcapil memberikan surat keterangan sebagai penganti e-KTP  bagi warga yang sedang mengurus,” Imbuhnya. (Bj05)