Home Lintas Jateng Pemkot Surakarta Tunda Pengumuman Penerimaan CPNS

Pemkot Surakarta Tunda Pengumuman Penerimaan CPNS

554
ilustrasi

Solo, 17/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Surakarta menunda pengumuman seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sedianya diumumkan pada Rabu (17/12) menjadi Jumat (19/12).

“Pengumuman penerimaan CPNS di Pemkot Surakarta itu memang direncanakan diumumkan Rabu (17/12) tapi lantaran ada sesuatu hal baru akan diumumkan Jumat (19/12),” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Surakarta Hari Prihatno di Solo, Rabu.

Ia mengatakan pengunduran jadwal pengumuman CPNS dilakukan lantaran masih ada daerah di Jawa Tengah yang belum selesai proses seleksi CPNS.

Hari menjelaskan pengumuman CPNS akan dilaksanakan serentak di wilayah Jawa Tengah yang melaksanakan ujian CPNS. Pengumuman dilakukan melalui website Panselnas, BKD Provinsi Jateng maupun website masing-masing daerah.

Di Solo, lanjutnya, rencananya juga diumumkan pada website BKD dan Pemkot Surakarta. Selain itu pengumuman juga akan ditempel pada papan pengumuman di Balai Kota.

Ia mengatakan sejak pelaksanaan tes seleksi CPNS yang digelar tanggal 20 hingga 27 Oktober lalu, tidak ada aktivitas apa pun di daerah. Berdasarkan data, ada sebanyak 174 dari 6.278 pelamar CPNS yang tidak mengikuti ujian seleksi.

Dikatakan mereka itu di antaranya ketidakhadiran tanpa keterangan yang jelas dan sebagian pelamar tidak membawa kartu tanda penduduk (KTP) sebagai persyaratan mengikuti tes CPNS. “Mereka secara otomatis dinyatakan gugur,” tuturnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Surakarta, Lancer S. Naiboho sebelumnya menyebutkan hasil tes Computer Assested Test (CAT) CPNS nilai tertinggi dipegang oleh peserta dari Kabupaten Boyolali dengan skor nilai 421.

Ia mengatakan penentuan kelolosan pelamar CPNS ada ditangani panitia seleksi nasional (Panselnas). Lolos atau tidaknya sudah menjadi kewenangan dari Panselnas.

Passing grade tes kemampuan dasar (TKD) CAT berdasarkan Permen PAN dan RB Nomor 29/2014 adalah 70 untuk Tes Wawasan Kebangsan (TWK), 75 untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), serta 128 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), katanya.(ant/pj)

Advertisements