Home Headline Pemkot Surakarta Pindahkan 4.441 PKL

Pemkot Surakarta Pindahkan 4.441 PKL

Solo, 23/12(Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Surakarta berhasil memindahkan dan menata 4.441 pedagang kaki lima (PKL) dari 5.817 PKL yang tersebar di berbagai sudut kota ini ke tempat lain yang lebih baik lagi.

“Dalam pendataan beberapa tahun lalu ada sebanyak 5.817 PKL yang membuat kota ini tidak enak untuk dipandang mata, tetapi sekarang telah dipindahkan dan ditata ke pusat-pusat pasar tradisional yang telah dibangun,” kata Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Pemkot Surakarta Subagio, di Solo, Selasa.

Ia mengatakan dalam pemindahan para PKL di pinggir-pinggir jalan itu hampir semuanya berjalan baik dan sesuai rencana, karena dalam pemindahan ini prinsipnya tidak mematikan mereka dalam berjualan.

“Kami dalam memindahkan mereka berjualan itu, sekaligus memperdayakan perekonomian rakyat dan sekaligus selain memberikan tempat usaha yang baik juga diharapkan bisa meningkatkan usaha mereka,” katanya.

Ia mengatakan hal ini juga bisa dilihat seperti pemeindahan PKL yang berjualan di pinggir-pinggir jalan Sabang, S.Parman dan Jalan Achmad Yani yang dipindahkan ke Pasar Ngudi Rejeki Gilingan Solo.

Dikatakan pedagang yang dipindahkan ke pasar Ngudi Rejeki Gilingan yang diresmikan oleh Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, Selasa, sebanyak 419 pedagang dan mereka tanpa dipungut apapun dan bahkan untuk penarikan retribusi juga bebas selama enam bulan.

Subagio mengatakan di Solo ada 44 pasar tradisional yang dikelola oleh DPP, dan dari pasar ini oleh Pemerintah Kota Surakarta memberikan target sebesar Rp20 miliar dari hasil pengmungutan retribusi dalam tahun ini.

“Target tersebut kami optimistis akan bisa tercapai meskipun pergantian tahun ini tinggal beberapa hari saja,” katanya.(ant/ss)