Home Lintas Jateng Pemkot Surakarta Lakukan Penghijauan di Bantaran Bengawan Solo

Pemkot Surakarta Lakukan Penghijauan di Bantaran Bengawan Solo

image

Solo, 3/12 (Beritajateng.net)– Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta bekerja sama dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta akan menanam berbagai jenis pohon sebanyak 4.000 pohon di bantaran Sungai Bengawan Solo.

Penanaman pohon yang di antaranya terdiri dari rumput, buah-buahan, bambu dan tanaman keras lainnya dijadwalkan Jumat (5/12), kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkot Surakarta Hasta Gunawan di Solo, Rabu.

Ia mengatakan penghijauan itu merupakan kerja sama antara Pemkot, Perum Perhutani, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), BI, Bank Solo, dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jateng.

Dikatakan penghijauan itu diharapkan mampu mengantisipasi bencana banjir yang selalu mengintai Kota Solo di tiap tahunnya. Tentunya, penanaman pohon itu mampu menghindari longsornya tanggul penahan aliran Sungai Bengawan Solo.

Daerah bantaran sungai akan ditanami tumbuhan yakni rumput, buah, dan bambu. Teknisnya jarak antara rumput dan buah satu hingga dua meter, dari buah menuju bambu berjarak empat meter.

Hasta menambahkan, penghijauan dimulai dari bantaran sungai tepatnya di Kelurahan Pucangsawit Kecamatan Jebres. Nantinya, akan diperluas hingga Sewu, Sangkrah, dan Semanggi.

Ia mengatakan untuk jenis buah, pihaknya memilih tanaman yang sifatnya keras sehingga bisa menghalau banjir. Di antaranya sawo bludru, asem jawa, bintaro, pohon sala, mangga, tanjung, tabebuaya, bambu, matoa, mahoni, rambutan, apel bludru, kayu putih, dan glodogan pecut.

“Untuk penanaman kayu manis, nantinya dilakukan di pemukiman. Karena bisa mengusir nyamuk dan memberikan aroma segar,” katanya.

Humas Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Surakarta, Suko Haryono menyatakan menyiapkan 500 bibit pohon. Rinciannya, 100 bibit mangga, 200 kayu putih, dan 200 glodogan pecut. “Kami siap membantu dengan menyediakan 500 bibit tanaman”.(ant/pj)