Home Lintas Jateng Pemkot Surakarta Akan Bangun Empat Kantor Kelurahan

Pemkot Surakarta Akan Bangun Empat Kantor Kelurahan

Solo, 17/12(Beritajateng.net)– Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta telah menganggarkan dana untuk membangun kantor empat kelurahan yaitu Karangasem, Punggawan, Ketelan dan Purwodiningratan pada 2015.

Pembangunan Kelurahan Baluwarti dan Kepatihan Wetan sementara ini ditunda dulu karena kesulitan untuk mendapatkan tempat sementara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, kata Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta Heru Sunardi di Solo, Rabu.

Ia mengatakan sejak beberapa waktu lalu sudah mencari tempat sebagai pengganti dua kelurahan tersebut. Lokasi yang diincar adalah bangunan yang berada di sekitar kelurahan yang bersangkutan. Namun, hingga saat ini pihaknya mengaku belum memiliki tempat yang dimaksud.

“Kalau Baluwarti tidak ada di tempat di sekitar sana, karena benteng keraton. Begitu pula dengan Kepatihan Wetan. Jadi, masih kita tunda untuk pembangunannya,” kata Heru sambil menambahkan tahun depan hanya akan membangun empat kelurahan. Dua di antaranya adalah proyek lanjutan dari tahun sebelumnya.

Soal anggaran, Heru menyebutkan nilai berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan luas bangunan dan juga konstruksinya. Namun, rata-rata satu kelurahan menyedot anggaran Rp3 miliar. “Beda-beda untuk Purwodiningratan bahkan hampir Rp4 miliar”.

Pada 2013 telah membangun delapan kelurahan dengan anggaran Rp15,2 miliar, kemudian 2014 sebanyak 14 kelurahan dengan anggaran Rp32,3 miliar. Untuk tahun depan ini direncanakan ada empat kelurahan senilai Rp2,8 miliar.(ant/pj)