Home News Update Pemkot Solo Dapat Dana Hibah untuk Pembangunan Sanitasi dari Australia

Pemkot Solo Dapat Dana Hibah untuk Pembangunan Sanitasi dari Australia

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Solo, 27/1 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Solo akan mendapatkan bantuan dana hibah dari pemerintah Australia untuk pembangunan bidang sanitasi dan air minum.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Solo, Ahyani, menyatakan bantuan dana hibah itu akan  direalisasikan dalam bentuk MCK Komunal, pengolahan limbah komunal dan instalasi penyediaan air bersih.

“Semoga saja bisa dirasakan manfaatnya bagi rakyat banyak,” terangnya  di Balaikota Solo Jawa Tengah, Selasa (27/1/2015).

Hibah tersebut merupakan salah satu penghargaan yang diterima pemerintah Kota Solo karena  dianggap mampu menyediakan fasilitas air bersih dan layanan sanitasi kepada masyarakat terutama di kawasan padat penduduk.

Nur Fadrina Mourbas selaku perwakilan dari Indonesia Infrastructure Initiative (IndII), menyebutkan program hibah kemitraan Australia Indonesia telah  berlangsung sejak 2010 lalu.

“Hibah tahap pertama (2010-2011) untuk tiga bidang kegiatan, yakni hibah air minum, sarana pengolahan air limbah dan pembangunan sarana sanitasi,” jelasnya.

Hibah tahap kedua senilai  $205 juta dan akan dilaksanakan hingga tahun 2016 mendatang yang akan  diwujudkan dalam beberapa program, di antaranya pengadaan sarana sanitasi bagi 2500 keluarga, sarana pengolahan air limbah terpusat untuk 1500 keluarga dan hibah air minum bagi 4000 keluarga berpenghasilan rendah. (BJ24)

Advertisements