Home Kesehatan Pemkot Semarang Siapkan Pelayanan Kesehatan 24 Jam Bagi Pemudik

Pemkot Semarang Siapkan Pelayanan Kesehatan 24 Jam Bagi Pemudik

Walikota Semarang Hendrar Prihadi meninjau layanan kesehatan bagi pemudik

Semarang, 19/4 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik yang akan datang ke Kota Semarang atau melintas kota Semarang saat mudik Lebaran mendatang.

Salah satunya dengan menyediakan layanan kesehatan di posko-posko mudik. Tak hanya itu saja, Pemkot Semarang melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang akan menyiagakan Rumah Sakit, Telemedicine, Pos Kesehatan Terpadu, Ambulans Hebat yang akan dipersiapkan selama 24 jam.

Adapun pelayanan kesehatan akan dibuka mulai H-7 sampai H+7 Lebaran, atau tepatnya mulai tanggal 25 April sampai dengan 10 Mei 2022 di antaranya di gerbang Tol Kalikangkung, Simpang Lima, Rest Area 424, Mangkang, Gerbang Tol Banyumanik dan 10 Puskesmas yang ada di wilayah Kota Semarang. Dinas Kesehatan Kota Semarang juga berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan supaya masyarakat dan peserta JKN mudah mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan selama periode mudik.

“Untuk pelayanan publik bagi pemudik sendiri di Kota Semarang sendiri, sesuai pengalaman sebelumnya menerima para pemudik dari berbagai daerah, kami juga akan mendirikan posko mudik dengan layanan kesehatan dan istirahat bagi pemudik,” ungkap Hendi, sapaan akrab wali kota Semarang belum lama ini.

Bahkan selama libur Lebaran, Dinas Kesehatan kota Semarang juga tetap menyiagakan Ambulans Hebat untuk melayani masyarakat Kota Semarang serta pemudik yang membutuhkan pelayanan darurat. “Jadi nanti pelayanan kesehatan selama libur lebaran akan tetap buka 24 jam. Kita akan menyiapkan Pos Kesehatan di Terminal, bandara, stasiun, exit tol dan rest area di wilayah Kota Semarang,” imbuh Hendi.

Senada dengan Hendi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menuturkan, bahwa beberapa Puskesmas akan siaga 24 jam selama libur Lebaran tahun ini. Puskesmas yang tetap beroperasi pada tanggal 29 April, 4 dan 6 Mei 2022 adalah Puskesmas Rowosari, Puskesmas Pandanaran, Puskesmas Mijen, Puskesmas Bulu Lor, Puskesmas Tlogosari Kulon. Sedangkan Puskesmas yang beroperasi tanggal 30 April, 5 dan 7 Mei 2022 adalah Puskesmas Padangsari, Puskesmas Poncol, Puskesmas Bangetayu dan Puskesmas Karangdoro.

“Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, masyarakat dapat menghubungi call center 112 atau nomor 1500-132 untuk layanan ambulans hebat si cepat sedangkan untuk konsultasi dokter dapat menghubungi 08112900132,” terang Hakam.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, jika nanti Pemerintah kota Semarang juga akan melakukan random sampling Covid-19 kepada pemudik di posko kesehatan.

Pemeriksaan itu dianggap penting, untuk menghindari penyebaran virus covid karena nantinya jika memang ada pemudik yang terpapar covid maka akan langsung dilarikan ke isolasi terpusat untuk segera memperoleh penanganan. (Ak/El)