Home Lintas Jateng Pemkot Semarang Pilih Desain Taman Cantik Lewat Sayembara Ide Desain Ruang Terbuka...

Pemkot Semarang Pilih Desain Taman Cantik Lewat Sayembara Ide Desain Ruang Terbuka Publik

Pemkot Semarang Pilih Desain Taman Cantik Lewat Sayembara Ide Desain Ruang Terbuka Publik

Semarang, 21/10 (BeritaJateng.net) – Sebanyak lima peserta yang lolos kompetisi ”Sayembara Ide Desain Ruang Terbuka Publik Taman Brumbungan Kota Semarang” memaparkan desain mereka di Restoran Pesta Keboen, Kamis (20/10). Lima peserta itu yakni, FX. Prasetya Cahyana (Sleman), Widi Cahya Yudhanta (Lampung), Wiwik Purwati (Sleman),  Bayu Andika Putra (Pontianak), dan Dhany Kurniawan (Bandung).

Kabid Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Budi Prakosa yang juga selaku juri dalam kegiatan itu mengatakan, kegiatan itu merupakan kerjasama Pemkot Semarang dengan Satker Kementrian PU dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Dalam kegiatan itu diharapkan ada partisipasi dari seluruh kalangan untuk mendesain sebuah taman.

”Semoga dari ide desain Taman Brumbungan itu jika memungkinkan akan diaplikasikan yang dilengkapi detail engineering design (DED) yang diaplikasikan 2017. Memungkinkan juga desain dari beberapa peserta itu akan dikombinasi untuk diaplikasikan,” katanya.

Budi menerangkan dari 16 taman wilayah di kecamatan yang akan dibangun, pihaknya memutuskan untuk mengangkat Taman Brumbungan yang berada di Semarang Tengah. Sesuai dengan program taman itu akan dibangun dengan anggaran sekitar Rp. 1,7 miliar.

Pihaknya berencana untuk melakukan revitalisasi taman akan dikonsep sayembara atau kompetisi. Sehingga mendapatkan desain dan konsep yang beragam untuk pengembangan taman.

”Nantinya di 16 kecamatan di Kota Semarang akan dikembangkan. Contohnya suksesnya pembangunan Taman Tirto Agung di Banyumanik dan Taman Jatisari di Mijen,” imbuhnya.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Tengah Satrio Nugroho, menerangkan, kegiatan ini untuk nguri-uri taman di Kota Semarang dan Jateng. Adanya kegiatan ini bisa menggunggah generasi muda, mahasiswa, dan arsitektur untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan taman.

Dia menerangkan, dalam sayembara itu terdapat 17 peserta. Dari hasil penilaian diambil lima kandidat terbaik yang kemudian mempresentasikan karya mereka.

”Adapun juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 15 juta, posisi 2 dan 3 masing-masing Rp. 12 juta dan Rp. 10 juta. Juara harapan 1 dan 2 mendapatkan Rp. 4 juta dan Rp. 3 juta. Sementara juara favorit memperoleh Rp. 3 juta, pengumuman pemenang akan dilaksanakan tanggal 14 November 2016,” tandasnya. (Bj)