Home Lintas Jateng Pemkot Semarang Perlu Realisasikan Terminal Angkutan Barang

Pemkot Semarang Perlu Realisasikan Terminal Angkutan Barang

SEMARANG, 28/11 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sampai sekarang belum juga merealisasikan terminal angkutan barang sebagai solusi banyaknya truk dan trailer yang parkir di bahu jalan, seperti yang terlihat di sepanjang Jalan Yos Sudarso, Jalan Ronggowarsito dan Jalan Kapten Wiratno.

Menurut Pembina Paguyuban Persaudaraan Pengemudi Roda Sejahtera Semarang, Agung Setiyadi, pihaknya sudah lama menyampaikan kesulitan yang dihadapi para supir truk akan minimnya tempat parkir. Namun sampai sekarang, pemerintah kota, dalam hal ini Dishubkominfo Kota Semarang, belum bisa memberikan solusi.

“Belum lama ini kami gelar acara di Semarang Utara, Pak Agus Harmunanto (Kepala Dishubkominfo Kota Semarang,red) datang. Terus kami sampaikan masalah ini (truk yang parkir sembarangan,red). Katanya sudah diusulkan akan dibuatkan terminal angkutan barang, tapi tidak tahu kapan terealisasi,” ujarnya.

Agung mengatakan, para supir dan pemilik truk yang berada dibawah pembinaan organisasinya sebenarnya tidak mempermasalahkan lokasi yang akan dijadikan terminal angkutan barang atau tempat parkir  truk. Meski dirinya mengakui, antara supir truk yang satu dengan yang lain mempunyai pemikiran yang berbeda-beda.

“Kita tahulah sopir itu ada yang mintanya begini atau begitu tapi bisa kok diatur. Yang ikut dalam pembinaan kami malah cenderungnya mereka pasrah, yang penting ada tempat parkir luas, “ kataya.

Sambil menunggu realisasi terminal angkutan barang, dalam setiap kesempatan di acara paguyuban yang mengundang ratusan sopir truk dan pemilik truk, Agung menghimbau agar truk yang parkir di bahu jalan jangan terlalu lama. Hal ini berdampak pada terganggunya arus lalu lintas kendaraan lain.

“Bahkan kami minta kalau sedang memperbaiki truk diusahakan di bengkel atau garasi masing-masing. Kami juga minta agar para supir bersabar, kalau sudah ada terminal khan tinggal pindah saja parkirnya,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komis B DPRD Kota Semarang, Mualim mengatakan, pihaknya pernah melakukan sidak di Jalan Ronggowasito, yang banyak dijumpai parkir liar truk dan trailer. Banyak pengguna jalan resah dengan banyaknya truk parkir di bahu jalan.

“Jalan Ronggowarsito, banyak truk dan trailer parkir berjajar di samping kanan dan kiri dari badan jalan. Mereka parkir dua hari bahkan ada yang lebih. Tidak ada lampu atau tanda parkir yang dipasang. Sehingga kalau malam rawan sekali kecelakaan, pengendaraan kendaraan bisa nabrak karena tidak sadar ada truk dan trailer diparkir,” katanya.

Pihaknya meminta, Dishubkominfo Kota Semarang bekerja sama dengan kepolisian dapat menertibkan parkir liar tersebut.

“Pemkot segera saja menyediakan terminal angkutan barang yang dapat menampung semua truk dan trailer. Karena keberadaan parkir liar itu jelas merugikan pemkot, karena tidak ada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh,” tandasnya. (Bj)

Advertisements