Home Headline Pemkot Semarang Gandeng Swasta Bangun Taman MT Haryono

Pemkot Semarang Gandeng Swasta Bangun Taman MT Haryono

Ground Breaking Taman MT Haryono Semarang.

SEMARANG, 3/9 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang siap membangun Taman MT Haryono di Kelurahan Kebunagung Kecamatan Semarang Timur. Pembangunan taman itu dilakukan untuk mengejar target pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yakni 30 persen dari luasan Kota Semarang.

Untuk mengejar target tersebut, Pemkot Semarang menggandeng CSR yakni PT Cakrawala Sakti Kencana, yang hari ini mulai dilakukan groundbreaking.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Ali mengatakan Detail Engineering Design (DED) sudah dipersiapkan oleh Disperkim dengan melakukan koordinasikan dengan PT. Cakrawala Sakti Kencana. Konsep yang diajukan kepada CSR juga hampir sama dengan Taman Piere Tendean, yakni akan ada patung pahlawan MT. Haryono sesuai dengan permintaan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, untuk selalu menempatkan patung pahlawan yang ada di Kota Semarang di setiap Taman yang akan dibangun.

” Alhamdulillah dengan anggaran kurang lebih Rp 792 juta untuk pembangunan dan perawatan dari pihak Cakrawala tidak akan keberatan,” kata Ali usai menghadiri groundbreaking Taman MT. Haryono yang dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu dan Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin, Kamis (2/9/2021).

Taman dengan luas 220 meter persegi, akan memiliki fasilitas yang sama dengan taman Kota lainnya, yakni taman Piere Tendean yang sudah diresmikan beberapa bulan lalu. Bahkan Disperkim sendiri telah menyiapkan 4-5 DED RTH yang akan diajukan kepada beberapa CSR yang akan bekerjasama dengan Pemkot Semarang.

” Hanya patung MT Haryono saja, nanti Pemkot akan membuat beberapa patung dari tokoh-tokoh pahlawan di beberapa titik yang ada ada di kota Semarang seperti dr. Kariadi karena Pak Wali ingin yang seperti itu karena lebih keren,” terangnya.

Direktur Utama PT Cakrawala Sakti Kencana, Lie Jemmy, sangat mensupport program pengadaan RTH dari Pemkot Semarang untuk membuat Kota Semarang lebih nyaman dan asri.

“Pemilihan nuansa kita kerjasama dengan Pemkot, karena ini diwilayah Chinese Town maka kita beri konsep desain nya seperti bangunan-bangunan china yang ada nuansa merah,” kata Jemmy.

Sementara itu, Wali Kota Semarang yang diwakili Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan jika RTH yang berada di Kecamatan Semarang Timur ini rencananya akan dibangun dengan target pembangunan selama tiga bulan dan dilanjutkan dengan perawan selama enam bulan oleh PT Cakrawala Sakti Kencana.

“Diharapkan dengan adanya kerjasama dengan CSR baik aset tanah, pembangunannya sehingga bisa jadi salah satu contoh bagi pengusaha yang ada di Kota Semarang sehingga bisa membantu Pemkot membangun RTH di seluruh kota Semarang,” ujar Ita, sapaan akrabnya.  (Ak/El)