Home Ekbis Pemkot Semarang Gandeng PT Petrokimia Kolaborasikan “Jarwo”

Pemkot Semarang Gandeng PT Petrokimia Kolaborasikan “Jarwo”

Pemkot Semarang Gandeng PT Petrokimia Kolaborasikan "Jarwo"

Semarang, 25/1 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang bersama PT Petrokimia Gresik melakukan kegiatan penanaman dengan teknologi pangan dengan cara tanam padi sistem Jarwo (Jejer = sejajar), ( Legowo = panjang). Kombinasi keduanya diharapkan mampu menambah kapasitas panen padi yang meningkat 40-50 persen tiap panen.

Penanaman padi dengan Jarwo dilakukan di lahan sawah milik kelimpok tani Loh Jinawi di Desa Gilisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Selasa, (24/1).

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, bentuk kerjasama antara pemkot dan petrokimia ini bertujuan mempertahankan dan mengoptimalkan lahan sawah di Kota Semarang.

“Hari ini kita akan lakukan penanaman pertama, sekaligus kita membuktikan bahwa dengan pupuk Petrokimia dan penanaman Jarwo ini diharapkan dapat meningkat panen 40-50 persen. Tunggu empat bulan kedepan, hasilnya seperti apa nanti,” ujar Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Menurutnya, kolaborasi kerjasama ini akan dilakukan sampai petani di Kota Semarang bisa mencapai tahap mandiri.

“Program ini kita lakukan sampai kawan-kawan petani bisa mandiri. Maksudnya, mandiri dengan panen yg melimpah, kemudian mereka mampu membeli sendiri pupuknya, benihnya, dan juga pestisidanya. Sehingga CSR dari Petrokimia berupa pemberian benih padi, pupuk, pestisida, dan supervisi tenaga ahli ini bisa kita usulkan ketempat lain”, ucapnya.

Dikatakan Hendi, sapaan Walikota, di Semarang total lahan khusus pertanian ada 2800 hektar dengan total lahan wilayah Semarang yakni 376 ribu hektar, atau ada delapan persen area persawahan. Lahan tersebut akan kembali ada tambahan seluas 2000 hektar berupa wilayah perkebunan.

Diharapkan, dengan kerjasama ini, komitmen pemerintah untuk bisa meningkatkan kesejahteraan petani bisa terwujud.

Advertisements