Home Ekbis Pemkot Semarang dan Kodim 0733 Tanda Tangani MoU Swasembada Pangan

Pemkot Semarang dan Kodim 0733 Tanda Tangani MoU Swasembada Pangan

Penandatanganan MoU swasembada pangan antara pemkot dan Kodim.
Penandatanganan MoU swasembada pangan antara pemkot dan Kodim.

Semarang 23/1 (beritajateng.net) – Pemerintah Kota Semarang bersama Kodim 0733 BS/ Semarang menandatangani MoU sebagai upaya khusus menjadikan Semarang swasembada pangan. Penandatanganan tersebut dilakukan di Rumah Pintar, Desa Kandri Kecamatan Gunungpati, kota Semarang.

Kepala Dinas Pertanian, WP Rusdiana mengatakan, Semarang mempunyai lahan tanam di 10 kecamatan seluas 3.774 hektar yang harus dimaksimalkan untuk mencapai target swasembada pangan.

“Untuk mencapai target, perlu dibentuk kelompok tani, penyuluh, pengamat hama tanaman yang bekerjasama secara sinergis dan terintegritas,” paparnya.

Sementara itu, Kodim 0733 BS/Semarang yang diwakili Mayor Inf Rahmatullah AR menjelaskan, di Semarang masih terdapat ancaman yang bisa menghambat cita-cita swasembada pangan.

“Di Semarang terdapat saluran irigasi yang rusak sepanjang 18.400 meter. Selain itu, hama tikus menyerang di hampir semua lahan tanam,” papar Rahmatullah.

Hal senada diungkapkan Asisten administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra, Ayu Entys. “Alih fungsi lahan sawah menjadi permukiman adalah yang penyebab utama berkurangnya pasokan padi/beras,” kata dia.

Ayu berharap, tiga tahun mendatang, akan terwujud cita-cita swasembada pangan, seperti yang diungkapkan Presiden Jokowi di Istana Bogor. “Ayo ramai-ramai nyengkuyung agar semua berjalan lancar. Kami akan meminta Dinas PSDA-ESDM untuk aktif mengontrol saluran irigasi yang rusak dan meminta SKPD terkait untuk berperan aktif,” pungkasnya. (BJ05)