Home Lintas Jateng Pemkot Semarang Bakal Launching Kartu Identitas Miskin

Pemkot Semarang Bakal Launching Kartu Identitas Miskin

Wakil walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berinteraksi dengan salah satu warga

 

Semarang, 6/4 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang berupaya menekan angka kemiskinan dengan melaunching Kartu Identitas Miskin agar bantuan dan beragam fasilitas bisa tepat sasaran kepada warga miskin di kota Semarang.

Hal ini disampaikan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, usai sosialisasi dan pembekalan kegiatan distribusi Kartu Identitas warga Miskin kepada lurah dan camat di seluruh kota Semarang, Rabu (6/4).

“Awalnya kartu identitas miskin ini akan diberikan pada hari ini, namun kami agendakan ulang untuk melaunching kartu ini pada 19 April 2016 di Tawangmas Semarang Barat,” ujar Ita– sapaan akrab Hevearita yang juga merupakan Ketua Tim Koordinator Penanggulangan Kemiskinan Kota Semarang.

Menurutnya, manfaat kartu identitas miskin ini sangat banyak, seperti warga bisa mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan bisa menerima bantuan pangan dan sandang, bagi lanjut usia (lansia) bisa mendapatkan makanan gratis dari pemerintah dan lain sebagainya.

Tercatat, ada sekitar 140rb kepala keluarga (KK) yang merupakan warga rawan miskin dan warga miskin di kota Semarang. “Kami akan mencocokkan data dari tiap kelurahan dengan data BPS. Untuk sementara data dari BPS angka rawan miskin di kota Semarang mencapai 20,56%, sedangkan warga yang benar-bemar miskin ada 5%,” paparnya.

Dari data BPS tersebut, lanjut Ita, Pemkot Semarang akan menargetkan kemiskinan di kota Semarang bisa berkurang hingga 3%.

“Dari data yang ada, paling banyak warga miskin dari Semarang Barat dan Semarang Utara, hal ini dikarenakan dua kecamatan tersebut merupakan daerah padat penduduk dan banyak warga miskin. Solusi yang diambil pemkot untuk mengurangi kemiskinan yakni dengan penanggulangan satu pintu, dimana semua bantuan bisa terakomodir dan tepat sasaran dengan kartu identitas miskin ini,” jelasnya. (Bj05)